17 Bisnis Sukses Saat Corona yang Terbukti Menghasilkan

17 Bisnis Sukses Saat Corona yang Terbukti Menghasilkan. Virus corona telah menjadi pandemi di seluruh belahan dunia. Virus ini terbukti membuat sektor ekonomi kian melemah. Tidak sedikit bisnis yang bangkrut karena masalah COVID-19.

Kegiatan ekonomi merupakan hal yang setiap hari diperlukan oleh siapapun. Bekerja, pedagang, karyawan, owner dan lain-lain semuanya melakukan kegiatan ekonomi. Namun corona telah mengambil sebagian dari mata pencarian orang banyak.

Ada yang bangkrut, dipecat, PHK ...

Pada akhirnya, membuat kita harus berpikir bagaimana bisa keluar dari situasi yang berat ini.

Bisnis merupakan salah satu jalan bagi siapa saja yang telah kehilangan pekerjaannya. Banyak jenis-jenis bisnis yang bisa kita jalani dan terbukti menghasilkan meskipun wabah virus corona belum berhenti.

17 Bisnis Sukses Saat Corona yang Terbukti Menghasilkan
Sumber: News Unair

Ada sekitar 17 bisnis sukses saat corona yang akan saya ulas di sini. Siapa tahu ini bisa menjadi inspirasi kamu untuk memulai hidup lebih baik lagi. Tak jarang dari beberapa bisnis yang akan saya sebutkan nanti, sangat sangat sukses. Sehingga ia tak perlu kembali ke kantor lamanya.

Baca Juga: 5 Tips Agar Bisnis Makin Maju

17 Bisnis Sukses Saat Corona yang Terbukti Menghasilkan

Inilah ulasan bisnis saat corona yang terbukti menghasilkan...

1# Bisnis Alat Kesehatan

Kesehatan merupakan prioritas No. 1 sejak wabah virus corona datang. Bisnis ini sangat cepat melonjak karena berbagai alat kesehatan sangat dibutuhkan oleh semua orang untuk memerangi virus Covid-19 ini.

Banyak cerita sukses dari para pebisnis yang fokus pada alat kesehatan di masa pandemi ini. Mereka menjual obat-obatan, minuman herbal, vitamin tubuh, alat bantu pernafasan dan lain-lain. Tentu saja karena permintaan ini begitu banyak, kamu insya Allah bisa sukses berbisnis alat kesehatan ini.

2# Mentoring

Jika kamu memiliki suatu skill, keterampilan dan bakat tertentu yang orang lain sudah percaya, biasa ada orang yang minta diajarkan. Ini menjadi peluang buat kamu bermodalkan skill, tanpa harus capek-capek keluar modal uang.

Percaya atau tidak, skill merupakan hal yang paling dicari ketimbang ijazah. Dengan memiliki skill, orang tersebut akan diakui menguasai salah satu bidang yang ia tekuni. Itu sebabnya, bisnis mengajarkan orang agar bisa seperti "kita" adalah hal yang menggiurkan.

Baca Juga: Mungkinkah 365 Hari Menghasilkan 365 Tulisan?

Misalnya kamu jago di Public Speaking, cobalah membuat kelas premium yang mengajarkan orang lain agar berani tampil di hadapan banyak orang. Contoh lain kamu bisa menulis buku, silahkan buka kelas menulis buku.

3# Internet Marketing

Wabah virus corona membuat banyak perusahaan / bisnis yang beralih ke Digital. Ini peluang buat kamu yang ingin terjun ke usaha digital marketing. Misalnya facebook ads, IG ads, Google ads dan lain-lain.

Banyak perusahaan / bisnis yang membutuhkan jenis usaha ini karena sangat dibutuhkan. Tingkat persaingan usaha yang meningkat membuat para pebisnis perlu menggunakan ads untuk memancing orang lain membeli / menggunakan produk mereka.

4# Customer Service

CS yang saya maksudnya bukan seperti resepsionis yang biasa berada di gerbang depan menyambung tamu / pelanggan. CS di sini bisa dikembangkan hanya dengan smartphone saja. Maraknya bisnis online membuat pebisnis kerepotan menangani orderan. Oleh sebab itu kamu bisa membuka jasa CS ini kepada pebisnis yang membutuhkannya.

5# Programmer

Virus corona pun membuat para programmer kebanjiran order. Meraknya serba online akan meningkatnya permintaan aplikasi yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Mengingat wabah ini mengubah kebiasaan berkumpul menjadi tidak, aplikasi merupakan salah satu solusinya.

Adanya aplikasi yang bisa menyatukan mereka walau di tempat yang berbeda sangat menguntungkan. Misalnya membuat e-learning, company profile, online shop dan lain-lain.

Contohnya saya membuka jasa pembuatan blog dan website seperti blog wildanfuady.com ini. Bahkan, kamu bisa request mau membuat website apapun mesti dengan budget yang minim. Silahkanlah langsung hubungi saya untuk mendiskusikannya.

6# Desainer

Keahlian mendesain membutuhkan jiwa seni yang bagus. Dengan itu, hasil desain akan tampil lebih begus dan menarik perhatian. Ini menarik jika kamu memang memiliki jiwa seni yang luar biasa. Banyak lho permintaan desain meski pandemi seperti ini.

Contohnya desain surat undangan menikah, video pernikahan, desain banner usaha dan lain-lain. Tentu saja ini akan menghasilkan sekalipun kamu berada di dalam rumah.

7# Youtuber

Beberapa tahun belakangan ini - apalagi ditambah dengan adanya virus corona - membuat konten kreator beralih ke youtube. Bisnis ini sangat digemari oleh siapa saja karena memang terbukti banyak youtuber sukses yang telah meraup ratusan juta dari akunnya.

Baca Juga: 7 Cara Agar Istri Tidak "Gila" di Rumah, Suami Wajib Tahu!

Caranya pun cukup mudah hanya dengan mendaftar ke situs youtube, lalu kita sudah bisa mengupload video dan menyebarkannya secara luas. Lebih kerennya, Youtube menyediakan ads agar konten kreator mendapatkan pemasukan tambahan.

8# Katering

Makanan adalah kebutuhan utama yang tidak bisa ditunda. Keahlian memasak akan sangat berguna di saat seperti ini. Apalagi jika memang terbukti masakanmu enak. Ini akan menjadi peluang yang luar biasa untuk dimulai.

9# Blogger

Blogger sudah jauh lebih dulu membuat orang cukup di rumah saja tetapi bisa mendapatkan penghasilan. Banyak blogger sukses yang sudah membuktikan hal itu dan mereka fokus ke blogger.
Cara menjadi blogger cukup mudah.

Jika kamu menggunakan wordpress, maka kamu membutuhkan hosting berkualitas dan domain murah. Sedangkan menggunakan blogger cukup dengan domain saja. Tinggal konsisten mengisi blog setiap hari maka kamu akan menikmati hasilnya di kemudian hari.

Andaipun kamu tidak sempat menulis kontent, silahkan hubungi saya untuk mendapatkan jasa penulisan konten blog berkualitas.

10# Online Shop

Beberapa tahun ke belakang online shop sangat diburu oleh para pembeli. Banyak faktor yang membuat hal itu terjadi. Contohnya faktor keamanan, penipuan dan kemudahan yang ditawarkan.
Jika kita memiliki produk, maka cukup jualan dari rumah saja dan promosikan toko online kamu. Ada perusahaan raksasa yang bisa membantumu semisal Tokopedia, Bukalapak, Lazada atau Shopee.

11# Reseller

Usaha ini sangat digemari oleh pemula ingin berbisnis. Mereka mulai usaha bisnisnya dari reseller terlebih dahulu untuk menimba pengalaman. Kemungkinan jika sudah sukses, ia akan membuka usahanya sendiri.

Ada berbagai macam jenis reseller yang bisa kamu coba.

Pertama paket free, biasanya kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Tinggal jualan saja dan dapatkan keuntungannya. Bermodal smartphone yang kamu miliki, share ke semua mesdosnya dan tunggu orderan datang. Biasanya keuntungan yang didapatkan antara 10-20%.

Kedua, paket agen. Keuntungan yang didapatkan lebih besar. Kisaran 20-40%. Untuk berada di tahap ini biasanya kita membutuhkan modal dan hubungan formal dengan produsen.

Jadi, reseller adalah prospek menarik yang patut kita coba. Kami bisa memulainya dari paket free.

Baca Juga: Bisnis Rumahan Tanpa Modal yang Patuh Dicoba

12# Affiliate

Program ini mirip dengan reseller, akan tetapi berbeda cara penjualannya. Affiliate tetap mengarahkan penjualan ke situs / website "bos" kamu tetapi penjualan tersebut atas namamu.

Misalnya saya telah membeli produk Hosting selama satu tahun. Pada halaman dashboard terdapat menu affiliate. Lalu saya daftarkan diri dan mendapatkan link affiliatenya. Nah, link tersebutlah yang saya share supaya saya mendapatkan keuntungan.

13# Bimbel

Pandemi membuat sistem pendidikan belajar mengajar berubah. Siswa lebih sering belajar secara online di rumahnya. Namun tidak jarang orang tua yang puas dengan apa yang ia pelajari secara online.

Peluang yang bisa kita ambil adalah menjadi guru private untuk anak-anak yang membutuhkannya. Istri saya sendiri masih aktif mengajar private dikarenakan siswa yang ia bina memiliki orang tua yang sibuk dan kurang puas jika anaknya belajar online saja.

14# Ecourse

Corona tidak menghalangi pencari ilmu utnuk terus belajar. Kemunculan E-course menjadi solusi buat mereka yang ingin belajar hal-hal baru namun terbatas dengan jarak, waktu dan biaya.

Ecourse menjadi solusi dari permasalahan itu semua. Kita bisa membuat video yang menjadi fokus bisnis dan kemudian memasarkannya ke orang lain dengan sistem sekali bayar atau berlangganan.

Banyak situs yang menyediakan kamu untuk membuka ecourse baru, salah satunya adalah Udemy. Silahkan buat akun di sana dan kemudian buat kursus yang ingin kamu buka.

Baca Juga: Cara Memasarkan Usaha Lokal dengan Blog

15# Pernak-pernik Pernikahan

Adanya wabah corona justru menambah semangat pasa muda-mudi yang belum menikah segera mengakhiri penantian hidupnya. Wabah ini membuat lelaki sumringah karena minimnya pengeluaran yang akan ia keluarkan ketimbang pada hari-hari normal. Banyak yang bisa diskip seperti walimah, syukuran dan acara-acara lainnya. Hal ini akan membuat pernikahan jauh lebih hemat.

Meski demikian, hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah gaun pengantin, mahar dan seserahan. Ketiganya adalah hal fundamental yang perlu disiapkan oleh pasangan yang akan segera menikah. Untuk itulah, usaha pernak-pernik pernikahan seperti sewa gaun pengantin, jual gaun pengantin, jasa hias seserahan dan mahar akan sangat dibutuhkan.

16# Frozen Food

Bisnis makanan tahan lama / makanan beku adalah salah satu bisnis yang sangat mudah dilakukan namun menghasilkan. Banyak dari mereka yang "tidak bisa keluar rumah" dan tidak sempat membeli bahan makanan. Oleh sebab itu mereka membutuhkan makanan beku yang awet dan dapat diolah tanpa harus repot-repot lagi.

Contoh makanan beku seperti bakso, kornet, nuget, piscok, donat, tahu isi, bakpau, dimsum dan lain-lain. Banyak pilihan makanan yang bisa kamu olah dan silahkan tawarkan ke orang lain.

17# Masker

Ini adalah bisnis paling laris di masa pandemi. Banyak produsen kain yang berlomba-lomba membuat masker dengan berbagai bentuk, corak, warna dan desain. Membuatnya cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan kain. Untuk penjualannya jangan ditanya, karena sangat sangat dibutuhkan. Khususnya di masa pandemi ini.

Akhir Kata

Demikianlah 17 bisnis sukses saat corona dapat kami ulas pada kesempatan kali ini untuk kamu. Sebenarnya masih banyak bisnis lainnya yang belum mampu kami bahas.

... akan tetapi jika kamu punya ide bisnis lain yang silahkan berikan idemu di kolom komentar.

Dan jika artikel ini bermanfaat, PLEASE share artikel ini sebanyak-banyaknya ya.

Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel