Contoh Susunan Acara Maulid Nabi Muhammad SAW

Contoh Susunan Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Peringatan maulid nabi jatuh pada tanggal 12 bulan Rabi'ul Awal. Setiap elemen masyarakat dari tingkat desa, kecamatan maupun kota di Indonesia selalu membuat acara untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Peringatan maulid nabi sudah menjadi kebiasaan warga setempat sebagai bentuk cinta kepada baginda nabi Muhammad SAW.

Contoh Susunan Acara Maulid Nabi Muhammad SAW
Sumber: Detik News - Acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Monas
Pada umumnya, setiap acara Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) selalu dibuatkan acara yang mirip. Misalnya acara Nuzulul Qur'an, Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra dan Mi'raj, Tahun Baru Islam dan lain-lain. Berbagai acara PHBI ini selalu dijalankan secara formal dengan konsep yang sama.

Sebagai panitia penyelenggara peringatan maulid Nabi membutuhkan konsep acara yang matang. Sebab biasanya acara ini dihadiri oleh 'Ulama penting, pejabat setempat dan kaum muslimin. Oleh karena itu konsep susunan acara maulid Nabi haruskah matang dan benar-benar dipersiapkan.

Baca Juga: Manfaat dan Hikmah Menikah di Bulan Syawal

Kebetulan pada artikel kali ini, saya akan memberikan beberapa contoh susunan acara peringatan maulid Nabi Muhammad Saw yang bisa kamu tiru dan dimodifikasi. Susunan acara yang akan saya contohkan akan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa umum. Jika kamu ingin memodifikasinya ke dalam bahasa daerah silahkan saja.

Contoh Teks Susunan Acara Maulid Nabi

Jauh-jauh hari panitia harus mempersiapkan susunan acara maulid nabi untuk dibacakan oleh seorang MC. Berikut ini saya berikan contohnya:

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillahirabbil 'alamin, wabihi nasta'in 'ala umuriddunya waddin, wasshalatu wassalamu ala asrafil ambiyai warmursalin, wa'ala alihi washahbihi ajma'in, amma ba'du.

Pertama-tama yang kami muliakan, para 'Alim Ulama', para Kiyai, Ustadz dan Ustadzah, yaitu ... (sebutkan nama-nama di sini).

Kedua, yang kami hormati Bapak/Ibu …. (sebutkan bila ada tokoh masyarakat seperti pejabat pemerintah)

Ketiga, yang kami hormati pula para tokoh tokoh masyarakat, yaitu ... (sebutkan jika ada RT, RW, Kades dan lain-lain).

Keempat, yang kami hormati seluruh undangan dan hadirin hadirat yang dirahmati Oleh Allah subhanahu wata'ala.

Segala puji bagi Allah SWT yang telah mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul untuk kita semua. Membawa kita semua ke jalan cahaya Islam yang benar dan lurus.

Allahu Akbar, Maha besar Allah SWT, tepatnya pada bulan yang mulia ini tanggal 12 Rabiul Awal tahun ... (sebutkan tahunnya di sini) .... telah lahir manusia pilihan, penutupnya para Nabi dan Rasul penuntun umat kepada jalan kebenaran yakni Baginda Nabi Muhammad SAW.

Semoga kehadiran kita semua di sini dalam rangka memperingati kelahiran baginda Nabi di catat oleh Allah SWT sebagai orang yang gembira akan kehadirannya sehingga mendapat syafa'atnya kelak di hari kiamat. Aamiin ya rabbal 'aalamiin.

Shalawat serta salam selalu mengalir keharibaan junjungan kita semua pembawa lentera keislaman yang mengentaskan umat dari alam jahiliyah ke alam penuh dengan rahmat yakni dinul Islam. Allahumma shalli 'ala sayyidina ... Muhammad.

Para hadirin dan jama'ah yang kami muliakan.

Di sini kami sebagai pembawa acara pada Perayaan kelahiran baginda Nabi Muhammad SAW akan membacakan susunan acara sebagai berikut :

1. Acara yang pertama yaitu pembukaan
2. Acara yang kedua yaitu pembacaan ayat suci al-Qur'an
3. Acara yang ketiga yaitu penampilan tim hadrah / marawis dari ....
4. Acara yang keempat yaitu zikir maulid
5. Acara yang kelima sambutan-sambutan
6. Acara yang keenam yaitu ceramah agama
7. Dan acara yang terakhir adalah penutup dan do'a
Demikianlah susunan acara yang saya bacakan pada kesempatan ini, namun sebelum kita lanjutkan kepada acara berikutnya marilah kita buka acara pada hari ini dengan doa dan pembacaan surat al-Fatihah. Semoga acara hari ini berjalan dengan lancar dan mendapatkkan berkah dari Allah SWT. Alfatihah ….

Alhamdulillah, jazakallah kami sampaikan kepada semua hadirin yang telah membacakan surat al-Fatihah.

Untuk acara selanjutnya yaitu pembacaan ayat suci al-Qur'an yang insyaAllah akan dibawakan oleh Ustadz/Ustadzah …….

Marilah kita simak dan renungkan dengan seksama. Kepada Ustadz /Ustadzah ……. dipersilahkan.
Shalaqallahul 'Adzim, maha benar Allah SWT dengan segala firman-Nya.

Semoga kelak Al-Qur'an menjadi penolong bagi kita semua di yaumil qiyamah nanti... Aamiin ya rabbal 'aalamiin.

Acara selanjutnya yaitu penampilan tim marawis / hadrah yang akan membawakan senandung shalawat Nabi oleh saudara kami, yaitu ... kepada tim marawis/hadrah kami dipersilahkan.

Jazakallahu katsiran kami sampaikan semoga dan mudah-mudahan dengan pembacaan shalawat Nabi tadi kita semua akan mendapatkan syafaatnya nanti di yaumil qiyamah... Aamiin ya rabba 'aalamiin.

Acara yang selanjutnya mari sama-sama kita membacacakan dzikir maulid yang insya Allah akan dipandu oleh saudara kita .... kepadanya kami persilahkan. Shallu 'ala Nabi ...

Alhamdulillah, telah sama-sama kita bacakan dzikir maulis Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk kecintaan kita semua kepadanya. Semoga kita akan mendapatkan kesempatan bertemu dengannya di yaumil qiyamah nanti. Aamiin.

Acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ketua panitia peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Kepada akhina fillah ….. dipersilahkan. (Lanjutkan ke sambutan-sambutan berikutnya).

Kini tibalah pada saat yang ditunggu-tunggu yakni ceramah agama seputar maulid Nabi Muhammad SAW yang akan disampaikan yang mulia al-Mukaram Kyai/Ustadz …… kepada beliau dipersilahkan.

Jazakallah katsiran kami sampaikan semoga apa yang disampaikan oleh beliau dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari hari kita. Aamiin.

... dan untuk acara yang terakhir yaitu penutup - doa yang akan dipimpin oleh Ustadz …. Kepadanya kami persilahkan.

Demikianlah acara-demi acara telah kita lewati dan tibalah saatnya acara ini ditutup. Akan tetapi sebelum acara pada hari ditutup saya sebagai pembawa dan sebagai wakil dari para panitia acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW mohon maaf jikalau ada kekurangan dan kesalahan baik dari susunan acara, penerimaan jama'ah sampai pada hal-hal kecil lainnya. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan kita. Aamiin.

Billahi Taufik Walhidayah …. Waridha wal inayah...

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh….

Penutup

Demikianlah contoh susunan acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini. Semoga kita semua mendapatkan pahala yang berlimpah sebab berupaya untuk menyiarkan kegiatan PHBI Maulid Nabi Muhammad SAW. Aamiin.

Baca Juga: Rumahku, Madrasah Peradaban

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel