Cara Memasarkan Usaha Lokal dengan Blog
Cara Memasarkan Usaha Lokal dengan Blog

Cara Memasarkan Usaha Lokal dengan Blog

Cara Memasarkan UsahaLokal di Blog – Dewasa ini memasarkan atau mempromosikan usaha lokal, bisnis lokal, atau jasa lokal tidak sesulit dulu. Jika zaman dahulu kita kesulitan untuk mengakses jaringan dan membutuhkan modal besar agar usaha dikenal luas, sekarang sudah tidak lagi. Salah satu media yang cocok digunakan untuk memasarkan usaha, bisnis, atau jasa adalah melalui blog. Mengapa blog?

sumber: www.ekbis.sindonews.com
Cara Memasarkan UsahaLokal di Blog – Dewasa ini memasarkan atau mempromosikan usaha lokal, bisnis lokal, atau jasa lokal tidak sesulit dulu. Jika zaman dahulu kita kesulitan untuk mengakses jaringan dan membutuhkan modal besar agar usaha dikenal luas, sekarang sudah tidak lagi.

Salah satu media yang cocok digunakan untuk memasarkan usaha, bisnis, atau jasa adalah melalui blog.

Mengapa blog?

Karena banyak pengguna internet yang punya kebiasaan mencari sesuatu melalui internet. Betul apa betul?

Misalnya jika ingin mencari pelatihan menulis di Jakarta maka kita akan membuka google, kan? Itu memang sudah menjadi kabiasaan yang sudah melekat di masyarakat.

Sangat jarang ditemukan kebiasaan masyarakat yang mencari suatu usaha lokal di instagram, facebook atau marketplace.

Mengapa jarang?

Alasan pertama instagram, facebook dan sejenisnya merupakan media sosial yang hanya sedikit orang berjualan di dalamnya. Semua orang tahu yang nemanya media sosial fungsinya lebih kepada pertemanan meskipun banyak pula digunakan sebagian orang untuk berjualan. Jikapun ada yang berjualan, tentu tidak banyak.

Alasan kedua marketplace. Meski menjual banyak produk dan pilihan. Nyatanya marketplace lebih diminati pengguna smartphone, kan? Nah, kebanyakan masyarakat hanya punya satu atau dua aplikasi marketplace.  Jika demikian, peluang mencari usaha lokal yang benar-benar kita tuju sangat terbatas.

Maka dari itu pencarian melalui Google-lah yang banyak diminati untuk mencari usaha lokal melalui jejaring internet.

Ini jadi kesempatan buat kita selaku pebisnis usaha lokal untuk memasarkan, mempromosikan usaha lokat melalui blog.

Lantas, bagaimana caranya?

1# Membuat Blog

Saat ini sudah banyak blog yang cukup popular. Ada yang gratis semisal blogger.com, wordpress.com dsb. Bagi pengusaha yang baru merintis tidak mengapa memakai blog gratisan terlebih dahulu.

Namun, jika usaha kita sudah besar ada baiknya mulai memakai domain yang lebih disukai Google. Untuk penjelasan tentang domain apa yang cocok dengan usaha yang kamu jual akan saya jelaskan pada tulisan berikutnya. Silahkan subscribe dulu blog saya ini J

2# Memasarkan dan Mempromosikan Usaha

Agar usaha kamu bisa dikenal jejaring internet ada baiknya mempunyai target domain yang sesuai dengan usaha kamu. Misalnya: kamu punya bisnis jasa Pelatihan Menulis di Jakarta. Baiknya memilih domain pelatihanmenulisjakarta.com atau jika menggunakan blogger bisa pelatihanmenulisjakarta.blogspot.com

Kebayang, kan?

Dengan domain seperti itu jelas akan memicu usaha kamu semakin dikenal luas oleh google.

Mantab!

Jangan lupa untuk memasang keyword yang sesuai dengan blog kamu ya. Penjelasannya tentang bagaimana memasang keyword insya Allah saya jelaskan ke depannya. Subscribe ya!

3# Mengerahkan ke Target Lokal

Bagaimana caranya? Mudah banget.

Pertama, judul blog sebaiknya mentargetkan siapa saja calon pembeli usaha kamu. Missal domain kamu adalah pelatihanmenulisjakarta.com, nah, sebaiknya gunakanlah judul blog: PelatihanMenulis Murah di Jakarta atau Pelatihan Menulis di Daerah Jakarta

Kedua, keyword dan deskripsi blog sebaiknya memicu ke target lokal usaha kamu. Missal keywordnya: pelatihan menulis Jakarta, pelatihan menulis di Jakarta, pelatihan menulis di daerah Jakarta, pelatihan menulis di jabodetabek dsb.

Gampang kan?

4# Kenalkan Usaha Kamu dengan Detail

Beberapa hal yang tidak boleh terlewat adalah mengenalkan usaha kamu semenarik mungkin. Misalnya: foto tempat usaha, detail usaha, tarif, foto hasil usaha / produk, testimoni, dan kontak. Kamu boleh menambahkan hal lainnya jika itu bisa membuat usahamu semakin menarik.

***

Jika kamu memulai dan tekun mempelajari dan mempraktikan cara memasarkan, mempromosikan usaha lokal dengan empat cara di atas, besar kemungkinan usaha lokalmu akan laris di pasaran. Aamiin.

Tak lupa ditambah dengan sholat, do’a, dhuha, sedekah, zakat, dan amal shaleh lainnya semakin menambah kemungkinan usahamu akan meroket ke seluruh angkasa. Aamiin.

NB:

Jika ada yang ingin ditanyakan atau menyukai artikel ini, silahkan berikan apresiasi pembaca dengan 3 cara.

Kesatu, share artikel ini di social media pembaca dengan cara mengklik salah satu tombol social media favoritmu:

Kedua, berikan reaksi kamu setelah membaca artikel ini dengan cara pilih salah satu survey di bawah ini:

Ketiga, kirim komentarmu setelah membaca artikel ini di kolom komentar.

Atas apreasisnya kami ucapkan terima kasih.

TTD,

Hari ke #4 of #356day

Daftar Pustaka:
Sugie, Grup Blogger Mania
Advertisement

Baca juga:

Admin
Wildan Fuady adalah seorang author 20 buku, teacher dan web developer.