Visi Misi Pernikahan dalam Islam

Apa niatmu menikah?

Untuk apa kamu menikah?

Mau dibawah kemana arah pernikahanmu?

Masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang akan hadir di benak kita yang ingin segera menikah. Pertanyaan yang harus kita jawab sebelum memutuskan menikah.

Saya teringat akan suatu cerita yang pernah disampaikan oleh guru, kurang lebih inti ceritanya begini:

Saat ayahanda Salahuddin al-Ayubi ingin menikah dan menyampaikan maksud tersebut kepada gurunya, maka gurunya bertanya, "perempuan seperti apa yang hendak kamu cari?"

"Saya ingin menikahi seorang perempuan yang akan menjadi ibu dari seorang anak sang pembebas Palestina." jawab ayahanda Salahuddin al-Ayubi.

Tak berselang lama, ada seorang perempuan yang menyampaikan ingin sekali segera menikah kepada sang guru, lalu guru tersebut bertanya, "Lelaki yang seperti apa yang ingin kau cari?"

Perempuan itu menjawab," Saya ingin mencari suami yang akan membesarkan seorang anak pembebas Palestina.

Subhanallah, akhirnya mereka dipertemukan dan melangsungkan pernikahan. Mereka dipertemukan dengan visi dan misi pernikahan yang sama nan luar biasa.

… dari pernikahan tersebut lahirkan seorang anak yang mereka besarkan dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT bernama Salahuddin al-Ayubi sang pembebas Palestina.

***

Pentingnya Mempunyai Visi Misi Menikah

Dari kisah tersebut kita bisa mengambil banyak sekali pelajaran tentang visi misi pernikahan dalam Islam. Visi menikah perlu direncanakan agar tidak sekedar menikah, tetapi mempunyai keinginan yang kuat untuk membangun sebuah generasi Islam yang lebih baik.

Memiliki visi misi pernikahan didasari oleh firman Allah SWT di dalam al-Qur'an, yaitu:

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkannya." (QS. At-Tahrim : 6)

Melalui ayat ini, kita diperintahkan untuk membangun keluarga yang bernafaskan iman dan taqwa sehingga terhindar dari siksa api neraka.

Ia akan mempunyai tujuan hidup yang jelas baik di dunia dan di akhirat serta mendapatkan ganjaran pahala yang tiada terputus dari Allah SWT karena telah menentukan visi misi pernikahannya..

Allah SWT berfirman:

"Dan orang-orang yang beriman, dan anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya." (QS. Ath-Thur : 21)

Dampak Memiliki Visi Misi Pernikahan dalam Islam

Tidak perlu disebutkan lagi betapa banyaknya manfaat yang diperoleh jika mempunyai visi misi pernikahan.

Pastinya pernikahan akan lebih terarah mau di bawa kemana. Tidak hanya mengandalkan alur hidup, tetapi selalu menatap masa depan.

... dan masih banyak lagi.

Betapa bahagianya yang tujuan menikahnya adalah ibadah dan ia bersiap untuk membawa keluarganya pada keimanan dan ketaqwaan.

Balasannya untuk keturunannnya insya Allah akan menghasilkan anak serta cucu dari rahim ibu yang bertaqwa serta ayah yang bertaqwa akan mengantarkan mereka ke surganya Allah SWT.

Mau membangun visi misi pernikahan yang sesuai dengan agama Islam? 

Berikut tips dari saya:

  1. Rajinlah membaca dan mempraktikkan kisah Nabi Muhammas SAW dan para sahabat dalam membangun keluarganya yang penuh dengan nuansa Islam.
  2. Pelajari kisah-kisah rumah tangga para Nabi dan Rasul yang termaktub di dalam al-Qur'an.
  3. Pelajari kisah-kisah teladan di dalam rumah tangga yang dicontohkan oleh para 'alim 'ulama.
  4. Membaca buku-buku pernikahan yang sesuai dengan tuntunan Islam. 
  5. Tentukan goal dan hal-hal yang akan dilakukan ketika menikah nanti.
  6. Sampaikan kepada calon keinginan serta apa saja yang akan dilakukan ketika menikah yang sesuai dengan tuntunan Islam agar disaksikan banyak pihak.
  7. Perbaiki dirimu sedari awal agar bisa mencapai visi misi yang sudah ditentukan.
  8. Dan masih banyak lagi.

Demikianlah beberapa tips dari saya yang kiranya akan mampu membawa pernikahanmu sesuai dengan tuntunan Islam. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk pernikahanmu ke depannya. Aamiin.

Bogor, 6 Maret 2019

0 Response to "Visi Misi Pernikahan dalam Islam"

Post a Comment

Silahkan menyapa, mengucapkan terima kasih atau mau bertanya. Saya ucapkan terima kasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel