5 Tips Agar Bisnis Makin Maju
5 Tips Agar Bisnis Makin Maju

5 Tips Agar Bisnis Makin Maju

Bisnis merupakan sumber penghasilan yang utama bagi sebagian orang. Bisnis mampu menawarkan pendapatan yang jauh lebih besar dibandingkan menjadi karwayan / bekerja. Walaupun bisnis sangat menggiurkan, nyatanya masih banyak orang yang enggan terjun ke bisnis dengan berbagai alasan. Pada artikel 5 tips agar bisnis makin maju ini, saya merangkum beberapa penyebab seseorang tidak berani memulai bisnis, yaitu...

sumber: digitalmarketer.id
WILDANFUADY.com - Bisnis merupakan sumber penghasilan yang utama bagi sebagian orang. Bisnis mampu menawarkan pendapatan yang jauh lebih besar dibandingkan menjadi karwayan / bekerja. Walaupun bisnis sangat menggiurkan, nyatanya masih banyak orang yang enggan terjun ke bisnis dengan berbagai alasan.

Pada artikel 5 tips agar bisnis makin maju ini, saya merangkum beberapa penyebab seseorang tidak berani memulai bisnis, yaitu:

  1. Belum kuat mental
  2. Tidak punya modal
  3. Tidak percaya diri
  4. Belum punya pengalaman
  5. Bingung menentukan bisnis

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Sembilan dari 10 pintu rezeki ada di dalam perniagaan." Melalui hadits ini, secara tidak langsung mengajak kita untuk berbisnis sebagai sumber penghasilan yang bagus. Meskipun saya akui untuk berbisnis tidaklah mudah, tetapi setidaknya kita patut mencoba hal-hal baru.

Bagi Anda yang sudah bekerja, tidak ada salahnya mencoba mencari penghasilan tambahan melalui bisnis. Meskipun Anda belum benar-benar siap terjun ke bisnis, tetapi itu nggak ada salahnya. Mungkin di awal Anda khawatir kalau resign akan menghancurkan karir tetapi belum bisa maksimal di bisnis. Oleh sebab itu Anda masih belum bisa meninggalkan pekerjaan karena mencari aman. Itu bagus dilakukan oleh Anda yang memang belum siap kehilangan penghasilan utama.

Nah, bagi Anda yang benar-benar ingin terjun di dunia bisnis, saya merangkum ada 5 hal yang harus dilakukan agar bisnis semakin maju. Mungkin Anda boleh ragu untuk berbisnis, tetapi jika bisnis semakin maju maka kemungkinan besar Anda akan meninggalkan pekerjaan dan fokus ke bisnis. Lalu, apa saja 5 hal tersebut:

1# Memulai Lebih Penting Daripada Tidak Sama Sekali

Apabila Anda baru terjun di dunia bisnis, alangkah baiknya memulai bisnis dan upayakan agar bertahan. Bisnis memang bisa naik dan bisa turun, akan tetapi jika tidak dimulai maka tidak akan tahu ke depannya akan bagus atau tidak. Dengan memulai, maka akan terjawab apakah bisnis yang dijalankan akan sukses atau tidak.

2# Riset adalah Segalanya

Banyak pebisnis pemula yang tidak rajin riset terkait apa yang berhubungan dengan bisnisnya. Misalnya riset nama bisnis, pesaing, calon pelanggan dan lain-lainnya. Padahal, riset merupakan alat ukur yang paling awal dan paling berpengaruh apakah bisnis tersebut baik untuk dijalankan atau tidak. Kadang, mumulai tanpa data sama seperti berperang tanpa alat berperang. Bisa ditebak, hasilnya akan kalah.

3# Bergabung dengan Komunitas

Pak Mo, Ketua TDA wilayah Riau pernah memberikan saran bagi pebisnis untuk memanfaatkan komunitas untuk mengembangkan usahanya, bukan mencari market. Dewasa ini berkembang banyak sekali pebisnis yang menjadikan komunitas bisnis menjadi marketnya. Dengan kata lain, dibentuk grup Whatsapp komunitas hanya aktif di hari boleh jualan, sementara jika ada kegiatan komunitas cenderung tidak mau mengikutinya.

Hal ini menjadi masalah besar bagi pebisnis yang tergabung dalam komunitas. sayang sekali, padahal komunitas itu dibentuk untuk mengembangkan usaha, bukan jualan saja. Walaupun diperbolehkan jualan, setidaknya kita memahami bahwa tujuan komunitas adalah untuk mengembangkan usaha.

Saran saya, perbaiki tujuan Anda ketika mengikuti komunitas. Upayakan agar komunitas menjadi bagian penting sebagai perkembangan bisnis. Ikuti acaranya, ikuti mentoringnya dan buat usaha Anda lebih maju dibanding dengan sebelumnya.

4# Bangun Tim yang Solid

Hal yang tidak kalah penting adalah masalah tim. Tim yang baik akan menjadikan bisnis semakin maju. Bisnis yang dijalankan secara berjama'ah lebih ringan ketimbang sendirian. Meskipun memang kadang ada masalah intern pada tim, namun jangan membuat kita enggan melakukannya.

Adanya tim akan membuat usaha kita semakin berkembang luas. Tim akan fokus kepada lini kerjanya dan owner bisa fokus pada perkembangan bisnis. Di dalam tim, banyak aspek yang bisa kita pelajari yaitu: reseller, karyawan, staff, menajer serta owner.

Masing-masing bagian mempunyai peran yang penting dan tak terpisahkan. Sekalipun owner adalah orang yang sangat penting tetapi jika ada lubang di dalam tim, maka bisa dipastikan owner juga akan mempunyai masalah. Oleh karena itu tim yang solid dan kompak akan lebih cepat maju ketimbang dilakukan sendiri.

5# Bisnis itu Jalan, Bukan Tujuan

Seringkali pebisnis salah sangka, bisnis yang mereka jalankan merupakan tujuan. Sehingga mereka lupa segalanya dan fokus pada bisnis. Tidak jarang pebisnis yang sukses namun ada puzle lain yang harus terkorbankan. Misalnya hubungan keluarganya tidak harmonis, anak dan keluarga terlantar dan masih banyak lagi.

Marilah kita belajar dari bisnis para sahabat Nabi, bahwasanya mereka bisnisnya bisa sukses namun mereka juga sukses dalam hal lainnya. Keluarganya, ummat dll. Apa yang mereka lakukan adalah menjadikan bisnis sejalan jalan menuju ridhoNya Tuhan, bukan malah jadi tujuan.

Sebenarnya, hal mendasar yang harus dilakukan ketika mengembangkan bisnis adalah meraih ridho dari Tuhan. Sebab, Tuhan itu sang pemberi rezeki. Oleh karenanya bagusnya Tuhan didekati dengan amalan dan ibadah, lalu insya Allah Tuhan akan memberikan rezeki yang tiada disnagka.

Guru saya pernah bilang, "Mudah bagi Allah untuk membuat seseorang kaya dan sukses, yang penting mental kita sudah siap ketika dapat kekayaan itu. Maksudnya, sudah siap ketika kaya tetap ibadah kepada Allah. Alasan utama yang belum menjadikan kita kaya adalah karena Allah belum yakin kita siap menerima kekayaan. Allah khawatir, jangan-jangan nanti kita lupa diri ketika sudah kaya dan meninggalkan Allah. Begitu besar cemburu Allah kepada hamba-Nya."

***

Oke, saya rasa itu saja yang bisa saya sampaikan pada tulisan artikel 5 TipsAgar Bisnis Makin Maju. Semoga bisnis pembaca semakin sukses dan membawa keberkahan bagi Anda dan banyak orang.

Aamiin.


Serang, 3 Maret 2019 | Oleh Wildan Fuady
Advertisement

Baca juga:

Admin
Wildan Fuady adalah seorang author 20 buku, teacher dan web developer.