Maaf, Aku Belum Siap Menikah
Maaf, Aku Belum Siap Menikah

Maaf, Aku Belum Siap Menikah

Maaf, Aku Belum Siap Menikah. Pernikahan adalah hal yang penting bagi seorang pemuda/i yang telah beranjak dewasa. Namun untuk melaksakannya dibutuhkan banyak sekali persiapan yang harus dilakukan. Alhasil, banyak pemuda/i yang telah beranjak dewasa tetapi belum siap menikah.

Maaf, Aku Belum Siap Menikah
WILDANFUADY.COM - Maaf, Aku Belum Siap Menikah. Pernikahan adalah hal yang penting bagi seorang pemuda/i yang telah beranjak dewasa. Namun untuk melaksakannya dibutuhkan banyak sekali persiapan yang harus dilakukan. Alhasil, banyak pemuda/i yang telah beranjak dewasa tetapi belum siap menikah.

Menikah adalah ibadah. Ketika ingin melakukan ibadah dibutuhkan kesungguhan. Seseorang yang ingin menikah memang perlu mempersiapkan banyak hal dengan sungguh-sungguh. Persiapan ini berupa hal dasar sampai pembahasan penting tentang apa yang harus dilakukan seseorang yang ingin menikah.

Menikah itu tidak boleh asal-asalan saja. Segala hal pelu dipersiapan dengan matang. Tiada pernikahan yang bertahan lama jika tidak dibarengi dengan persiapan. Sebaliknya, tanpa persiapan, maka pernikahan akan menjadi berantakan. Sungguh berbahaya apabila pernikahan tanpa ada persiapan.

Saya berusaha merangkum apa-apa yang perlu disiapkan ketika ingin melangsungkan pernikahan. Berikut persiapannya:

  1. Persiapan ilmu agama. Ya, ilmu agama sangat penting dipersiapkan mengingat agama adalah pondasi dasar dari rumah tangga. Agama juga yang membuat pernikahan menjadi sakinah, mawaddah dan warahmah. Oleh sebab itu, agama adalah salah satu persiapan yang harus terus dipelajari dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Persiapan mental. Sikap, prilaku dan keseharian kita perlu terus dilatih agar mental terbangun dan siap menghadapi perjalanan rumah tangga. Mental yang kuat dan kokoh akan membawa seseorang mampu menghadapi suka dukanya pernikahan. Mental seorang lelaki adalah kepemimpinan dan keteladanan sedangkan mental seorang perempuan adalah siap berbakti dan menjadi istri yang sholehah.
  3. Persiapan finansial. Uang bukanlah segalanya, namun persiapan ini sangat perlu kita upayakan agar kehidupan rumah tangga bisa berjalan dengan baik. Ini merupaka tugas yang wajib bagi seorang suami untuk mencari nafkah, sedangkan perempuan tidak ada kewajiban berkarir. Namun dewasa ini kita juga sering melihat seorang istri atau wanita yang memilih berkarir untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga.
  4. Perbanyak membaca. Ilmu harus terus bertambah tentang rumah tangga. Kita akan mendapati masalah-masalah yang akan dihadapi ke depannya. Oleh sebab itu diperlukan buku bacaan yang akan membantu kita siap menikah. Buku yang kita baca tentang pernikahan akan menjadi oase ketika ada masalah.

Demikianlah beberapa hal yang perlu dipersiapkan jika Anda belum siap menikah. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share artikel ini ya. Terima kasih banyak.

Bogor, 6 Maret 2019


Advertisement

Baca juga:

Admin
Wildan Fuady adalah seorang author 20 buku, teacher dan web developer.