Keterampilan Dasar yang Harus Dimiliki Wanita Karir Agar Dirindukan Anaknya


Dalam suatu kajian Ustadz Bendri menyampaikan, “ada dua hal keterampilan dasar seorang ibu rumah tangga atau wanita karir yang akan membuat anak selalu merindukannya.” Dua keterampilan ini yang akan membuat seorang anak akan merindukan ibunya dalam keadaan apapun. Saat susah maupun senang sang anak akan tetap merindukan rumah karena dua hal yang sering dilakukan ibunya.

Pertama, seorang ibu akan selalu dirindukan oleh anak karena masakannya. Lidah sang anak akan terbiasa dengan rasa dan aroma masakan ibu karena telah bertahun-tahun tinggal bersama. Kelak, jika ia sudah berkeluarga atau berada jauh dari ibunya maka yang selalu dirindukan adalah masakan ibu di rumah.

Saya pribadi selalu merindukan masakan ibu. Saya merasa masakan ibu lebih mantap ketimbang masakan lain. Alasannya masakan ibu selalu pas di lidah saya dan alasan kedua saya sudah terbiasa dengan masakan ibu. Bahkan, saya pernah keceplosan mengomentari masakan istri yang tidak seenak masakan ibu. Tentu saja membuat istri saya marah sekaligus termotivasi untuk belajar memasak lagi.

Dari kisah saya ini dapat disimpulkan jika seorang anak telah terbiasa masakan ibu maka akan sulit menerima masakan lain yang tidak seenak masakan ibunya.

Contoh yang lain, Tere Liye menyampaikan pada acara workshop kepenulisan di Jakarta, “ada yang sangat ia istimewakan saat pulang ke rumah, yaitu masakan ibunya.

Dari dua contoh yang ada maka kemungkinan besar anak yang sudah hidup bertahun-tahun dengan ibunya akan lebih merasa nyaman dengan masakan ibu ketimbang masakan orang lain. Oleh karena itu keterampilan dasar pertama yang harus dimiliki oleh seorang ibu adalah memasak.

Kedua, seorang ibu akan selalu dirindukan anaknya karena jago memijit. Menurut Ustadz Bendri dalam suatu kajian, seorang anak akan dengan sendirinya bercerita saat dipijit ibunya. Anak akan mudah terbuka dan menceritakan apa saja saat dipijit ibunya. Alasannya, saat dipijit ibu anak akan merasa dekat dan merasa nyaman. Sehingga saat kondisi seorang anak merasa dekat dan nyaman ia akan mudah menceritakan apa yang ia rasakan.

Hal ini akan membuat seorang ibu tahu selak-beluk kondisi anaknya. Bahkan tanpa sang ibu meminta anak bercerita, terkadang anak malah bercerita duluan tanpa diminta.

Benar-benar hebat pengaruh pijitan seorang ibu.

Wanita Karir, Kesibukan dan Peluang Usaha Dekat dengan Anak

Secara psikologi seorang ibu yang berprofesi sebagai wanita karir sangat menginginkan kedekatan dengan anaknya. Hanya saja ia terbentuk dengan kondisi mendesak yang harus membuatnya bekerja. Efek dari itu, ia akan kehilangan waktu bersama dengan anaknya. Oleh karena itu wanita karir pun seyogianya mempunya dua keterampilan dasar ini agar anak tidak merasa diabaikan.

Misalnya setelah pulang bekerja sang ibu bersedia memasak meski lelah dan sebelum berangkat kerja sang ibu tak lupa membuat sarapan untuk anaknya. Lalu saat malam sebelum anak tidur sang ibu mengupayakan memijat anaknya sampai tertidur pulas, atau menemaninya ngobrol walau sebentar saja untuk membangun kedekatan.

Wanita karir sadar waktunya banyak dihabiskan di luar rumah. Maka dari itu secapek apapun kondisi ibu, sebesar apapun masalah yang ia tengah hadapi, tetaplah beri kesempatan untuk anak menikmati pelayanan ibunya. Sebab, anak lebih berhak menjadi prioritas sang ibu untuk mendapatkan perhatian lebih dibanding pekerjaannya. Jangan sampai, perhatian kita lebih besar ke pekerjaan ketimbang anak.

Mudah-mudahan dengan dua keterampilan dasar ini anak kita akan terus mencintai, menyayangi dan merindukan “pulang” karena kehadiran ibunya.

Catatan:

Sebagian ibu ada yang memilih bisnis sampingan. Misalnya bisnis onlineHarapannya, dengan melakukan bisnis online yang dikerjakan di rumah ada banyak waktu dekat untuk anaknya.


0 Response to "Keterampilan Dasar yang Harus Dimiliki Wanita Karir Agar Dirindukan Anaknya"

Post a Comment

Silahkan menyapa, mengucapkan terima kasih atau mau bertanya. Saya ucapkan terima kasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel