17 Alasan Blog Sepi Pengunjung yang Perlu Kamu Ketahui

17  Alasan Mengapa Blog Sepi Pengunjung yang Perlu Kamu Ketahui. Setiap blogger pasti berharap blognya tidak sepi pengujung. Trafik blog ke dalam blog kita adalah “nyawa” yang wajib kita pertahankan dan tingkatkan. Sebab semakin meningkatnya trafik, nyawa blog akan terus bertambah. Imbasnya bisa membuat penulis tambah semangat.

17  Alasan Blog Sepi Pengunjung yang Perlu Kamu Ketahui
Sumber: Dewa Ilmu

Harapan tersebut tentu tidak akan tercapai apabila blog yang kita buat sepi pengujung. Banyak faktor yang menyebabkan sebuah blog jadi sepi pengunjung dan berimbas pada beberapa hal, yaitu kurangnya motivasi memperpanjang “nyawa” blog.

Untuk menghindari blog sepi pengujung, saya akan ulas 17 penyebab kenapa blog sepi pengujung. Harapannya, kamu bisa menghindari 17 faktor ini untuk meningkatkan pengujung blog.

Baca Juga: 17 Bisnis Sukses Saat Corona yang Terbukti Menghasilkan

So, inilah ulasannya ...

17  Alasan Mengapa Blog Sepi Pengunjung

Jangan buru-buru menafsirkan blogmu jelek dan tidak bermanfaat. Apalagi kalau memang kamu baru memulainya. Ada perjuangan-perjuangan yang perlu kita capai. Serta, ada 17 hal yang perlu kita hindari agar blog tidak sepi pengujung.

Apa saja faktornya?


1# Tidak Konsisten Menulis

Blog itu ibaratnya seperti rumah. Rumah yang sering dipakai, digunakan dan dibersihkan akan tampil menarik. Sebaliknya, jika tidak diisi lama-kelamaan rumah akan kotor dan penuh sarang laba-laba.

Sama halnya dengan blog, setiap hari perlu ada isi yang segar agar blog terlihat hidup di mata mesin pencari. Mesin pencari akan mendeteksi seberapa aktif blog tersebut dengan membaca indexnya. Mesin pencari akan mengutamakan blog yang aktif dan hidup untuk menjadi prioritas di halaman pertama (meski banyak faktor lainnya).

Sedangkan tulisan adalah “nyawa” dari blog. Istilah “content it’s the king” adalah benar. Tanpa tulisan, blog kita bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Maka dari itu, tidak konsisten menulis kemungkinan besar akan mengurangi pengujung blog.

2. Tidak Aktif di Komunitas Menulis / Blog

Blogger bukanlah super hero yang bisa menyelesaikan persoalan sendirian. Ia memerlukan bantuan pihak lain yang membantu. Dalam kasus ini, blogger membutuhkan visitor yang terus meningkat sehingga membutuhkan pembaca yang “konsisten”.

Komunitas adalah salah satu jalan yang perlu kita tempuh. Adanya komunitas akan membuat kita berada di lingkungan dengan visi misi yang sama. sejauh pengamatan saya, ada beberapa komunitas yang bagus dan perlu kita ikuti, misalnya Forum Lingkar Pena, Komunitas Bisa Menulis, Rumah Dunia, dan banyak komunitas online di grup Whatsapp atau Telegram.

Satu nasihat yang ingin saya berikan adalah komunitas adalah tempatmu berbagi dan sharing. Belajarlah di tempat lain dan buatlah kehadiranmu diakui di dalam komunitas. Sehingga ketika kamu nge-share tulisan di blog, mereka akan dengan senang hati mengujungi.

3# Tidak Menggunakan Bantuan Sosial Media

Penyakit blogger selanjutnya adalah malas membuat sosial media. Padahal kehadiran sosial media dapat mendongkrak pengujung blog jika kita tahu caranya. Kita bisa gunakan Facebook, Telegram, Whatsapp, Linkedin, Pinterest dan lain-lain untuk membantu menambah pengujung blog.

4# Tidak Terdaftar di Index Mesin Pencari

Point ini adalah point penting dari keseluruhan faktor. Blog yang tidak terindex di mesin pencari tidak akan ditemukan oleh orang lain ketika mereka mencari sesuatu. Tidak terindex mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing adalah kesalahan fatal dari pemilik blog. Entah apa yang merasukinya, jangan malas untuk mendaftarkan blog kita ke mesin pencari seperti Google Search Console atau Bing Webmaster.

5# Artikel Kurang Berkualitas

Persaingan di mesin pencari tidaklah sedikit. Ada miliaran data yang siap bersaing dengan kata kunci yang kita targetkan. Oleh sebab itu, content it’s the king adalah slogan yang mesti kita sadari betul. Konten yang berkualitas akan diutamakan ketimbang kontent biasa-biasa saja.

Saya selalu berupaya menulis sesuatu yang lebih baik dari yang sudah ada. Saya tidak akan menurunkan standart penulisan jika ingin bersaing di mesin pencari. Selain itu, artikel yang kurang berkualitas pun akan sulit menimbulkan klik di media sosial. Oleh karena itulah kita harus terus berupaya agar konten yang kita tulis berkualitas, lengkap, menjadi solusi dan pastinya enak untuk dibaca.

6# Lamanya Kecepatan Website

Kecepatan website menjadi faktor lain pengguna akan betah atau tidak di suatu blog. Kamu bisa mengecek kecepatan blog di GTMetrix atau Google Pagespeed. Kedua platform itu akan menilai bagaimana kecepatan websitemu dan akan ada feedback untuk perbaikan ke depannya.

Kamu pun pasti sudah close tab bar apabila membuka situs yang terlalu lama loadingnya kan? Itulah faktanya. Pengujungmu nggak akan bersabar menunggu loading lebih dari semenit. Kecuali faktornya adalah sambungan internet miliknya.

Kunci untuk mempercepat loading blog adalah pemilihan template dan plugin yang digunakan. Pandailah dalam memilih template dan bijaklah menunggunakan plugin. Itu akan berdampak ke pengujung kita. Semakin cepat blog diakses, maka akan bahagia pengunjungnya. Sebaliknya, semakin lama kecepatan blog akan membuat blog sepi pengunjung.

7# Isi Blog Tidak Bermanfaat

Di awal kita sudah singgung tentang artikel berkualitas. Selanjutnya artikel bukan hanya harus berkualitas, tetapi harus bermanfaat. Pengujung membuka sebuah blog berharap mendapatkan sesuatu yang bermanfaat. Jadi, kalau isi blogmu tidak bermanfaat pastinya pengunjung akan ogah datang. Blog akan sepi dari pengunjung.

8# Jarang Mengikuti Perkembangan Blog

Algoritma, performa, dan medis sosial terus berkembang. Akan menjadi kesalahan apabila kita tidak “melek” dengan perkembangan informasi tentang blog. Misalnya algoritma Google yang terus berubah, media sosial yang sering buat aturan baru dan lain-lain.

Tidak mengikuti perkembangan blog akan membuat pengujung menurun. Sudah banyak kasus blogger yang mengeluh akibat berubahnya algoritma mesin pencari. Mereka terkena dampak mulai dari turun peringkat di mesin pencari dan kurangnya visitor.

9# Tidak Membangun Branding Blog

Banyak alasan untuk membuat nama blog. Mulai dari nama yang unik, nama sendiri, nama komunitas dan lain sebagainya. Namun yang jadi kesalahan adalah tidak membangun branding blog itu sendiri. Blog nampak lebih ke iseng dan ngasal sehingga tidak memiliki nilai lebih di mata pemilik maupun pengunjung.

10# Tidak Melakukan Upgrade Pada Blog

Upgrade yang saya maksudnya lebih ke bagaimana ada sesuatu yang baru di dalam blog. Sesuatu tersebut harus menarik minat pengunjung. Misalnya seperti konten viral, konten yang banyak dibutuhkan, peningkatan Domain Authority dan Page Authority. Selain itu, blog memerlukan vitamin tambahan berupa backlink.

Tidak memeriksa kemajuan blog adalah penyebab menurunnya pengujung. Cobalah untuk mengecek statistik blog, mengecek DA dan PA, URL mati dan lain-lain. Perbaiki hal-hal yang buruk tersebut dan segera pulihkan. Upgrade blogmu sesuai dengan analisis statistik yang ada.

11# Tujuan Blog Belum Matang

Seringkali yang membuat pengujung berkurang adalah menurunnya motivasi si pemilik blog. Menurunya motivasi disebabkan blog yang belum matang, tujuan pemilik yang kurang jelas serta tidak ada perencanaan yang matang dalam membangun blog.

12# Template Tidak Human Friendly

Rumah yang baik, menarik dan enak dipandang akan membuat pengujung betah berlama-lama di dalam suatu blog. Jika template blogmu tidak menarik, kacau bahkan tidak terurus, besar kemungkinan pengujung akan malas datang dan blog sepi pengunjung.

Gunakanlah template yang enak dilihat dan enak dibaca di mata pengguna. Sebagai pemilik, cobalah masuk menjadi pembaca dan ketika kamu membaca tulisan sendiri bagaimana rasanya. Jika memang kamu sendiri tertarik, nyaman dan betah maka bisa jadi pengujung juga tertarik.

Itulah yang perlu kamu hindari.

13# Konten Hasil Copy Paste

Ini adalah kesalahan fatal yang tidak boleh terjadi di kalangan blogger. Copy dan paste dari tulisan orang lain adalah pencurian yang merugikan diri sendiri. Sebab mesin pencari sudah sangat cerdas dalam menilai mana tulisan original dan mana yang copy paste. Selain itu, pembaca yang menyadari tulisan copy dan paste akan menyesal telah membuka blog kita. Bisa jadi ia mempropagandakan blog kita tidak baik. Hindarilah hal ini.

14# Selalu Memiliki Alasan Klasik

Alasan klasik yang saya maksudkan adalah sanggahan atas motivasi pertama membuat blog. Saat memulai motivasi kita begitu besar dan semangat. Namun, makin ke sini kita menyangkal alasan tersebut untuk berhenti. Itu akan membuat blog kita sepi pengujung karena lebih sering beralasan ketimbang menulis konten blog.

15# Tidak Punya Motivasi Ngeblog

Tidak memiliki motivasi akan memperparah kondisi blog yang tambah tak terawat. Apalagi jika blog baru dan berharap hasil instan, itu tidak akan terjadi. Blog yang kita bangun mesti berproses untuk tumbuh. Karenanya motivasi perlu terus ditingkatkan. Bila sebaliknya, blog kita akan “tambah” sepi pengujung.

Baca Juga: Cara Agar Ngeblog Makin Semangat

16# Ide Menulis Kurang Fresh

Bagaimanapun, ide tidak fresh akan membuat pengunjung bosan. Semakin bosa, ia tidak akan tertarik untuk datang ke blog kita. Hasilnya sudah bisa ditentukan, yaitu sepi pengujung blog.

Kamu mesti memberikan perbedaan ide dari blog yang sudah ada. Saya sarankan, lakukan hal yang lebih baik dari apa yang sudah ada sebelumnya.

17# Domain Kurang Berkualitas

Pemilihan nama domain menjadi faktor ke 17 dari sepinya pengujung blog. Domain harus terus ditambahkan kualitasnya dengan menaikan Domain Authority dan Page Authority. Selain itu dari segi nama pun harus sama kualitasnya. Nama blog yang bagus dan sesuai dengan niche akan menjadi penilaian positif bagi mesin pencari ataupun pengujung blog. Oleh karenanya pikirkan baik-baik nama domain sebelum membelinya.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan 17 alasan yang membuat blog sepi pengujung yang perlu kita ketahui. Jika kita mengetahuinya dan segera mengatasi blog yang sepi pengunjung, maka bukan tidak mungkin blog akan ramai pengujung kembali. Itulah yang semua kita harapkan.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Menulis Artikel di Blog

Apabila kamu memiliki faktor lain yang membuat blog sepi pengunjung, silahkan berikan idemu di dalam kolom komentar.

Please SHARE tulisan ini sebanyak-banyaknya jika memang bermanfaat.

Selamat belajar ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel