Cara Agar Ngeblog Makin Semangat
Cara Agar Ngeblog Makin Semangat

Cara Agar Ngeblog Makin Semangat

Bagi blogger pemula (kaya saya) biasanya sering ngeluh karena kekurangan di sana-sini. Mau maju tetapi nggak gampang dan nggak instan. Nah, melalui artikel cara agar ngeblog makin semangat ini semoga bisa menambah mental kawan-kawan dalam ngeblog. Simak selengkapnya ...

WildanFuady.com - Jatuh bangun ngeblog sudah saya rasakan sampai saat ini. Bahkan, saya bisa membayangkan bahwa aktifitas ngeblog yang saya lakukan bisa jadi makin terpuruk. Akibatnya, ngeblog bukan menjadi pilihan utama yang saya lakukan.

Mungkin kawan-kawan pernah merasakan itu. Gimana saat-saat sulitnya ngeblog. Mau bikin blog tapi gaptek. Jaringan internet susah. Pembaca cuma sedikit. Visitor sedikit. Udah pakai adsense tapi CPC dan BPK nya kecil. Ditambah lagi dibully karena kebodohan kita (newbie).

Alhamdulillah saya sudah merasakan itu semua: komplit. Meski blog ini saya akui masih banyak kekurangannya dibandingkan blog para suhu, tapi saya bisa nggak menyerah dan terus menulis karena ada rahasianya.

Ya, rahasia itulah yang bikin saya semangat walaupun sedang naik turun. Rahasia itu pula yang bikin saya nggak bosan-bosan menulis dan membagikan konten bermanfaat untuk kawan-kawan semua melalui blog ini. Saya nggak peduli meski banyak rintangan. Insya Allah saya sudah siap dengan rintangannya dan sekarang, saya mau membagikan rahasianya kepada kawan-kawan.

Bagi blogger pemula (kaya saya) biasanya sering ngeluh karena kekurangan di sana-sini. Mau maju tetapi nggak gampang dan nggak instan. Nah, melalui artikel cara agar ngeblog makin semangat ini semoga bisa menambah mental kawan-kawan dalam ngeblog.

Apa aja rahasianya:

1# Niat yang Ikhlas

Saya tidak memungkiri kalau banyak blogger yang mencari penghasilan lewat ngeblog. Biasanya orang yang seperti ini levelnya sudah sampai tahap suhu. Namun ini jadi permasalahan ketika blogger pemula sangat berharap dapat penghasilan dari blog secara cepat dan instan. Alhasil, ketika di awal ngeblog visitor sedikit makin malas lagi buat ngeblog dan merasa ini cuma sia-sia.

Maka dari itu kawan-kawan perlu memiliki niat yang ikhlas. Setidaknya ketika lagi berjuang untuk ngebangun blog menjadi besar perlu niat yang ikhlas. Sehingga ketika baru banget terjun ke blog, makin sabar dan terus semangat walaupun prosesnya nggak instan.

Dalam Agama Islam, niat adalah pondasi yang mengkokohkan suatu prilaku. Niat juga yang akan dinilai dan dicatat dalam buku amal kita. Niat pula yang akan membedakan dapat pahala atau dapat dosa. Oleh sebab itu, jika kita punya niat yang ikhlas, insya Allah ngeblog akan makin semangat dan lambat laun blog yang kita bangun akan semakin membesar.

2# Perbaiki Mindset

Suatu hari ketika saya memberikan materi cara membuat blog yang menarik, salah satu peserta ada yang bertanya:

"Mas Wildan, apakah kita akan diajarkan ngeblog sampai menghasilkan uang?"

Jujur saya kaget dengan pertanyaan seperti itu. Saya belum mengetahui dengan jelas apakah penanya mempunyai blog, apakah penanya sudah sering menulis konten di blog, apakah blognya sudah diterima adsense? Wallahu 'alam.

Yang saya ambil pelajaran dari pertanyaan ini adalah banyak blogger pemula (kaya saya) mindsetnya adalah dapat uang banyak dari ngeblog.

Memang nggak salah dan benar bahwa ngeblog bisa mendapatkan penghasilan, tetapi banyak sekali blogger pemula yang "tumbang" pada bagian proses membangun blog. Dengan kata lain, ia tidak sabar untuk sampai ke puncak. Ia hanya ingin dapat uang secara cepat tanpa butuh perjuangan yang ekstra.

Menurut saya, di sinilah kita harus perbaiki mindset. Ngeblog boleh saja jadi penghasilan, tetapi, harus kuat diproses. Kawan-kawan juga pasti tahu kalau para suhu udah bertahun-tahun terjun baru bisa sukses seperti yang kita lihat. Meskipun ada saja yang cepat populer.

3# Nikmati Proses

Banyak blogger pemula (kaya saya) yang tumbang pada saat melakukan upaya pengembangan blog. Ia belum sadar, bahwa untuk mencapai kesuksesan diibaratkan seperti berada di depan tembok besar yang harus perlahan-lahan kita pahat agar tembok tersebut hancur dan kita merasakan kesuksesan.

Saya juga pernah menulis analogi bagaimana air mampu menghancurkan sebuah batu. Kebayang kan kok bisa air saja menghancurkan batu. Jawabannya karena proses yang konsisten tanpa ada keluhan sedikitpun.

Saat ngeblog kita nikmatin aja prosesnya. Jatuh bangun ya rasakan saja nikmatnya. Kita kembalikan lagi niat ngeblog buat apa. Semakin kita berpengalaman ngeblog, nanti kita juga akan makin dewasa dalam artian banyak pengalaman.

Nikmati aja prosesnya ya. Blog ini aja saya bangun sudah lebih dari dua tahun. Nggak gampang dan nggak mudah. Mulai dari beli domain sesuai nama pribadi sampai mikir keras bagaimana bisa mendapatkan visitor yang banyak.

So, nikmati aja prosesnya.

***

Demikianlah 3 point agar ngeblog makin semangat, Semoga tulisan ini bisa bikin kawan-kawan makin semangat ngeblog dengan hati riang gembira.

Oh iya, jangan lupa share tulisan ini supaya makin banyak blogger pemula (kaya saya) ini bisa makin semangat lagi, lebih ikhlas lagi dan benar mindsetnya.

Aamiin.



Advertisement

Baca juga:

Admin
Wildan Fuady adalah seorang author 20 buku, teacher dan web developer.