Cara Keren agar Tetap Eksis Meski Sudah Meninggal


Cara Keren agar Tetap Eksis Meski Sudah Meninggal - Setiap orang pasti ingin masuk ke dalam surga. Namun tidak banyak orang yang berpikir tentang bekal apa yang bisa dibawa dan bisa menolong pada hari akhirat. Coba bayangkan, adakah amalan kita yang dapat membantu menuju surga Allah Ta’ala?

Jika boleh jujur, mari menengok amalan shalat. Bisa kita dapati ternyata masih ada yang belum sempurna, kadang tak khusyuk. Tengok lagi amalan puasa, namun tak yakin apakah sempurna atau tidak. Begitupun amalan lainnya, masih menjadi tanda tanya apakah amalan kita diterima dan bisa membantu menuju surga-Nya?

Kesimpulannya, semua amal ibadah yang kita lakukan pasti belum ada yang sempurna. Kita hanya bisa berusaha beramal sesunguh mungkin dan berdo’a moga Allah menerima amalan yang telah kita lakukan.

Dari situ saya merenung kira-kira amalan apa yang bisa tetap bermanfaat meskipun saya sudah meninggal. Siapa tahu dengan amalan tersebut bisa meringankan siksa di alam akhirat nanti. Dan siapa tahu bisa menambah pahala agar bisa masuk ke surga. Setelah lama memikirkannya, Alhamdulillah bertemu titik terang.

Ternyata ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan dan terus berdampak positif meski kita sudah meninggal. Amalan tersebut saya rangkum 4 hal. 

Berikut caranya:

1# Selalu Menjadi Pembelajar


Pribadi yang selalu merasa perlu belajar akan terhindar dari kesalahan. Sekalipun terlanjur salah, ia akan mudah berintropeksi diri, meminta maaf dan bertaubat. Ia akan segera mengubah perbuatan buruk secepat mungkin. Bahkan, ia akan mudah dalam mengucapkan kalimat istighfar.

Seorang yang merasa hidup ini adalah belajar, maka hari-harinya akan dipenuhi dengan kebaikan. Sifat ini akan menghilangkan rasa sombong, tinggi hati atau egois yang mengakibatkan dicintai oleh Allah dan disukai orang lain. Jika kita selalu merendahkan hati, maka orang lain akan mensegani kita. Nah, ketika kita meninggal bisa jadi hal-hal baiklah yang dikenang orang lain. Mudah-mudahan hal itu akan menambah pahala dan meringankan siksaan di akhirat nanti.

2# Menulis


Sudah banyak bukti kegiatan menulis merupakan salah satu kegiatan yang tetap bikin eksis meski penulisnya sudah meninggal. Salah satu contohnya adalah Buya Hamka. Sampai saat ini bukunya terus diterbitkan padahal penulisnya sudah tiada. Tak terhitung pula orang yang merasakan manfaat dari karya tulisannya.

Setiap orang yang membaca buku karya Buya Hamka lalu mengubah hidupnya menjadi lebih baik maka akan terus mengalirkan pahala buat penulisnya. Saya pribadi sangat menyukai karya-karyanya. Bayangkan betapa hebat menulis itu? Yakni pahalanya terus-terus mengalir tanpa putus-putus.

Hal ini pula yang mendasari saya terus menulis dengan harapan akan terus dibaca dan bermanfaat untuk orang lain. Dalam keadaan apapun saya akan berusaha untuk menulis. Meski amal ibadah belum sempurna semoga tulisan saya yang kelak akan menyempurnakannya. Dan saya berharap, ada pahala yang mengalir, meringankan siksaan dan menolong saya untuk sampai ke surga-Nya.

Menulislah! Jangan bayangkan betapa sulitnya menulis, tapi bayangkanlah manfaat besar yang akan kita rasakan dari menulis. Tinggalkan kata susah, berat, mumet dan sebagainya. Selalu ingat boleh jadi tulisan lah yang membantu kita meraih surga-Nya.

3# Sedekah dan Amal Jariyah


Kalau hal ini pastinya sudah tidak diragukan lagi. Sedekah dan amal jariyah akan meninggalkan bekas yang lama. Bahkan jikalau kita meninggal, amal sedekah dan jariyah lah yang masih terus “hidup”. Sebegitu kerennya sedekah dan amal jariyah ini ya.

Rasulullah SAW bersabda:
"Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh." (HR. Muslim no. 1631)

4# Ilmu yang Bermanfaat


Ilmu yang bermanfaat akan berdampak lama sekalipun kita telah meninggal. Ilmu yang bermanfaat juga akan berdampak positif ketika kita masih hidup.

Alasan pertama, ilmu yang bermanfaat bisa berdampak positif ke diri kita sendiri. Misalnya kita jadi lebih baik dari sebelumnya karena mempunyai ilmu. Ilmu jua yang mendorong kita berbuat baik dan melarang kita berbuat dosa.

Alasan kedua, ilmu yang bermanfaat bisa disampaikan lagi kepada orang lain. Apalagi di zaman sekarang menyampaikan ilmu tak sesulit dulu. Sekarang ada media social dan internet yang bisa kita akses. Penyebaran ilmu kini semakin luas targetnya. Alhasil, makin besar pula manfaat yang bisa kita sampaikan.

***

Demikianlah 4 cara agar tetap eksis meski kita sudah meninggal. Bila ada cara yang lain boleh disebutkan pada kolom komentar. Ke depannya, saran dan masukan akan saya tulis pada kesempatan berikutnya.

Semoga kita semua bisa bertemu lagi di surga-Nya. Aamiin.

2 Responses to "Cara Keren agar Tetap Eksis Meski Sudah Meninggal"

Silahkan menyapa, mengucapkan terima kasih atau mau bertanya. Saya ucapkan terima kasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel