Cara Kirim Naskah Ke Diva Press

14.10.00

Baca Juga

Cara Kirim Naskah Ke Diva Press - Kemarin teman saya nanya, "Gimana cara kirim naskah ke penerbit?". Kebetulan saya ada salah satu rekomendasi penerbit major. Penerbit apa sih? Ya, pada kesempatan ini saya ingin berbagi tentang cara kirim naskah ke redaksi Diva Press.

Jangan buru-buru langsung ke intinya, karena saya ada sedikit pengalaman yang berguna buat kamu yang emang pengen ngirim naskah ke Diva Press.

Jadi, salah satu buku saya bersama kawan-kawan diterbitkan oleh Diva Press. Judulnya "Ya Allah Izinkan Kami Menikah". Saya nggak begitu kaget pada awalnya. Pikir saya semua penerbit sama aja. Eh, setelah bukunya sampai di tangan saya, saya kaget bukan main.

Diva Press emang GILA!

Kenapa saya katakan begitu? Setidaknya ini alasan saya:

1. Design bukunya CAKEP. Nah ini yang bikin pembaca betah lama-lama nuntasin buku kita. Layoutnya benar-benar disesuaikan sama isi buku. Jadi, pembaca ngerasa emang oke banget.

2. Covernya MANTEP. Selain isinya, covernya juga eye eacthing buat saya pribadi. Jadi, nggak heran deh kalau buku-buku Diva Press laku.

3. Bisa nambahin Serial Komik. Nah ini yang saya suka. Sebagai penulis non fiksi, tulisan saya sangat terbantu dengan adanya ilustrasi untuk menambah daya tarik pembaca.

Lainnya masih banyak. temukan aja sendiri ya.
Baca Juga: Diva Press Menerima Naskah Novel Bulan Ini
Oke, kalau gitu akan saya share cara kirim naskah ke Diva Press. Disimak baik-baik ya :)

  1. Jika naskah yang dikirimkan adalah naskah fiksi (novel dewasa/teenlit), penulis wajib melengkapi naskah tersebut dengan “sinopsis” yang dibuat dalam file terpisah dari isi naskah.
  2. Jumlah halaman naskah novel dewasa 250–400 halaman dengan format ukuran kertas A4, top 4 cm; bottom 3 cm; left 4 cm; dan right 3 cm, spasi ganda, font times new roman ukuran 12. Untuk naskah anak (untuk pembaca SD-SMP) dengan ketebalan minimal 50-100 hlm, sedangkan cerita anak (untuk TK-3 SD) dengan ketebalan maksimal 50 hlm.
  3. Jumlah halaman naskah novel teenlit 180–220 halaman dengan format ukuran kertas A4, top 4 cm; bottom 3 cm; left 4 cm; dan right 3 cm, spasi 2, font times new roman 12 pts.
  4. Jika naskah yang dikirimkan adalah naskah nonfiksi (buku agama/buku anak/buku pelajaran, dan sebagainya), penulis wajib melengkapi naskah tersebut dengan “daftar isi” serta “uraian keunggulan” naskah yang ditawarkan dalam file yang terpisah dari isi naskah.
  5. Jumlah halaman naskah nonfiksi 150–250 halaman dengan format ukuran kertas A4, top 4 cm; bottom 3 cm; left 4 cm; dan right 3 cm, spasi ganda, font times new roman ukuran 12.
  6. Judul email diisi dengan format: penawaran naskah + judul naskah (kode naskah). Misalnya: Ke: redaksi_divapress@yahoo.com/sekred.divapress@gmail.com. Judul email: penawaran naskah I Found My Heart (Teen)
  7. Jika naskah dikirim via pos atau diantar sendiri, silakan tulis judul dan kode naskah di sudut amplop sebelah kanan. Misalnya: Judul: Penawaran Naskah Tuntunan Dzikir Sepanjang Hari (Ag)
  8. Kode naskah:
  • (U)       :  untuk naskah buku umum, misalnya buku pelajaran umum, buku psikotes, buku traveling, dan sebagainya.
  • (Ag)     :  untuk naskah buku agama Islam, misalnya buku tentang tata cara shalat, buku tentang manfaat puasa, buku wacana keislaman, dan sebagainya.
  • (An)    :  untuk naskah buku anak, misalnya belajar membaca untuk anak, belajar membaca al-Qur’an untuk anak, belajar menggambar dan mewarnai, dan sebagainya.
  • (Teen) :  untuk naskah buku remaja dan novel teenlit. (Nv) :  untuk naskah novel dewasa. (Jalur penerimaan naskah fiksi untuk sementara kami tutup)

Konfirmasi Naskah Diva Press:
  1. Setiap naskah dalam bentuk print out yang dikirimkan ke redaksi DIVA Press dan ditolak, tidak akan dikembalikan kepada penulis. Penulis dipersilakan untuk mengambil naskah tersebut dengan datang langsung ke kantor redaksi maksimal 1 minggu setelah konfirmasi penolakan dari pihak redaksi.
  2. Naskah yang sudah dinyatakan ditolak tidak akan diterbitkan oleh DIVA Press dan akan dibuang agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  3. Konfirmasi penerimaan naskah akan diberikan maksimal 1 bulan setelah naskah sampai ke meja redaksi.
  4. Naskah yang telah diterima hanya akan diedit oleh staf redaksi DIVA Press yang berwenang. 


Nah, silahkan ikuti baik-baik ya. saran saya jangan asal, kecuali kalau emang mau ditolak.

Saya doakan, siapapun kamu yang sudah baca artikel ini dengan baik semoga naskahnya LOLOS ke Diva Press biar sama kaya saya. Hehehe. Aamiin.

Share artikel ini ya. Terima kasih.

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan menyapa, mengucapkan terima kasih atau mau bertanya. Saya ucapkan terima kasih :) EmoticonEmoticon