4 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Belum Siap Menikah


sumber: parararam.com
Saya pernah memberikan nasihat kepada salah satu teman untuk segera menikah. Tidak hanya sekali, beberapa kali motivasi menikah sudah saya berikan. Tetapi yang terucap adalah, “Saya belum siap menikah, Kang.”

Tidak sedikit di luar sana pemuda yang belum siap menikah. Menikah menjadi momok yang menakutkan untuk disegerakan. Banyak pertimbangan dan permasalahan-permasalahan untuk menuju pernikahan. Kemungkinan ini menjadi sebab banyak pemuda yang belum siap menikah.

Sedikit demi sedikit, banyak pemuda yang mengalihkan perhatiannya kepada jalan yang salah. Menurutnya, menikah membutuhkan persiapan yang matang seperti materi dan lain-lain. Tetapi keinginannya untuk hidup bersama pasangan sudah begitu besar. 

Pada akhirnya terjerumus kepada perzinaan. Innalilahi.

Saudaraku, tentu kita tidak ingin hal seperti itu terjadi pada diri sendiri, keluarga, teman, saudara dan kerabat. Kita tidak ingin mereka terjerumus ke dalam lubang dosa. Oleh sebab itu, kita perlu melakukan 4 hal ini agar bisa terhindari dari perzinaan.

Empat hal ini bisa kita lakukan saat belum siap menikah. Empat hal yang insya Allah lebih menentramkan hati ketimbang mengikuti bisikan hawa nafsu dan syaitan yang selalu berusaha menjerumuskan manusia ke jalan yang salah. 

Dari pada mengikuti bisikan hawa nafsu dan syaitan, lebih baik lakukan 4 hal ini, di antaranya:

1. Memperdalam ilmu agama 

Hal yang penting dilakukan oleh calon suami / istri bukanlah menabung uang sebanyak-banyak untuk menikah, tetapi, pondasi pertama adalah memperdalam ilmu agama. Sebab ilmu agama yang nantinya sangat berguna untuk menjalani rumah tangga.

Menikah adalah ibadah, maka dari itu agar pernikahan bernilai pahala maka kita perlu menjalankan syariat agama. Orang yang mampu menjalankan syariat agama adalah orang yang rajin memperdalam ilmu agama. Tanpa mempelajari ilmu agama, bagaimana mungkin sungguh-sungguh dalam 
menjalankan syariat agama.

2. Membaca buku pernikahan 

Dari pada “baper” nggak karu-karuan karena terus dapat undangan, sementara dibully teman karena tak kunjung nikah, padahal belum siap, lebih baik hilangkan dengan membaca buku pernikahan. Dengan membaca buku pernikahan, insya Allah akan menambah wawasan bagaimana menjalankan rumah tangga yang lebih baik.

Di antara buku yang bisa saya rekomendasikan, yaitu: 
  1. Maaf, Aku Belum Siap Menikah (New Maret 2019, Quanta Elexmedia Komputindo)
  2. Aku Rindu Menikah (Tinta Media)
  3. Ya Allah Izinkan Kami Menikah (Mahabbah Press)
  4. Jodohku Siapakah Dirimu (Quanta Elexmedia Komputindo)

Stop baper, tambah wawasan!

Oke.

3. Menabung

Salah satu cara ini bisa sangat ampuh jika benar-benar belum siap menikah. Dari pada selalu baper nggak ada solusi mendingan nabung buat persiapan pernikahan. Menabung sangat mudah dilakukan tapi berat diistiqomahkan. Cobalah sisihkan dari hasil bisnis atau gaji sampai dirasa cukup.

Bagi perempuan pun tidak masalah jika ingin menabung untuk pernikahan. Siapa tahu tabungannya bisa berguna untuk biaya rumah tangga atau hal-hal lain.

4. Melakukan kegiatan positif

Banyak yang bisa dilakukan pemuda yang belum siap menikah ketimbang harus berlarut-larut dalam kebaperan saat dapet undangan. Kegiatan-kegiatan positif bisa dilakukan semisal ikuti kajian, ikut organisasi, menulis, berkarya dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan.

***

Sebenarnya masih banyak hal lain yang bisa dilakukan tapi tak dibahas di sini. Tetapi 4 hal ini cukup mewakili yang belum tersampaikan. Seperti yang dulu saya lakukan, 4 hal ini sangat membantu selama belum menikah.

Insya Allah, kita semua yang melakukan 4 hal di atas akan bisa terhindari dari godaan hawa nafsu dan syaitan sehingga kita bisa sama-sama berkumpul di surga-Nya.

Aamiin.

0 Response to "4 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Belum Siap Menikah"

Post a Comment

Silahkan menyapa, mengucapkan terima kasih atau mau bertanya. Saya ucapkan terima kasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel