Tips Olahan Anggur yang Bisa Anda Coba di Rumah

WildanFuady.com - Buah dari tanaman rambat yang masuk pada keluarga vitaceae ini memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Tanaman ini dapat diolah enjadi berbagai jenis makanan atau minuman. Buah ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh.

Diantara manfaat mengkonsumsi buah ini adalah terhindarnya tubuh dari sel kanker yang dapat merusak bagian tubuh yang terkontaminasi, kita bisa lihat dari warna anggur yang merah, yang menunjukan adanya kandungan antioksidan yang besar. Hal ini dikarenakan buah anggur memiliki kandungan senyawa metabolit sekunder yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, kandungan pada buah anggur yang antikarsinogenik ini dapat menghindari kita dari kelelahan dan penyakit ginjal.

Buah ini bisa dikonsumsi dengan berbagai cara: baik dikosumsi langsung, diolah sebagai campuran es buah, sop buah, salad buah atau sebagai topping pada kue pie susu. Tak hanya itu, buah ini juga bisa dikeringkan menjadi kismis.

Buah anggur memerlukan iklim yang kemarau untuk tumbuh. Tak heran tanaman ini pertama kali ditemukan di Timur Tengah baru tersebar ke belahan bumi lain. Suhu yang dibutuhkan tanaman ini agar tumbuh dengan baik berkisar antara 23-31 derajar cercius. Maka, tak heran pula bila buah ini dapat tumbuh subur di iklim tropis seperti Indonesia.

Media tanam pada tanaman ini cukup dengan komposisi tanah dengan pasir dan lempung yang seimbang dengan menyediakan pula media rambat setelah tanaman ini tumbuh semakin menjalar. Karena penanamannya yang tidaklah begitu sulit, maka mudah bagi kita menemukan buah ini di pasaran. Kita bisa temui banyak pedagang buah yang menjajakan buah ini dengan varian hijau, hitam dan merah. Tentu hal ini dapat memudahkan kita untuk mengkonsumsinya setiap hari.

Dari segi kesehatan anggur memiliki khasiat selain sebagai penangkal kanker, ia juga bermanfaat untuk menghindari tubuh dari serangan jantung karena memiliki kandungan flavonoid, tannin dan anthocyanin serta memperlancar aliran darah. Diantara manfaat lainnya adalah anggur sangat bagus untuk kebutuhan serat, mengandung asam folat yang baik untuk janin, kaya mineral, bebas kolesterol dan memperkuat tulang.

Namun demikian, perlu Anda ketahui bahwa beberapa kasus mengkonsumsi anggur justru dilarang.

Di antaranya bagi penderita diabetes, buah anggur sangat bisa memicu tingginya kadar gula darah karena kandungan glukosa pada buah ini cukup tinggi, menurut Jessica Bruso, seorang pakar kesehatan menyatakan dalam satu sajian anggur mengandung 240 gram gula. Maka konsumsilah buah anggur secukupnya, tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan.

Lain lagi bila anggur diolah menjadi minuman beralkohol, hal ini juga perlu berhati-hati dalam mengkonsumsinya, alih-alih mencari kesehatan, anggur yang telah terfermentasi malah bisa membuatmu kehilangan kesadaran akibat mabuk anggur.

Berikut beberapa olahan buah anggur yang nikmat sekaligus sehat untuk keluarga:

1# Smoothies anggur

Olahan Smoothies Anggur untuk Kesehatan
malesnulis.com

Minuman yang dibuat dari campuran buah yang diblend dan diminum beserta serat-seratnya ini sangat baik untuk kesehatan. Smoothies ini sangat nikmat bila dicampur dengan buah-buah yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak tambahan seperti pisang, selai kacang, bayam atau spinach dan coconut oil atau coconut water. Minuman ini selain sehat juga dapat dikonsumsi untuk anda yang berniat melakukan diet. Dijamin dengan rutin mengkonsumsinya akan menghasilkan tubuh yang ramping juga sehat.

2# Bulu kukus anggur

Olahan Bolu Kukus Anggur untuk Kesehatan
tokopedia.com

Selain bisa dijadikan minuman segar, anggur juga bisa diolah menjadi kue yang lembut dan lezat. Kudapan sederhana ini sangat mudah dibuat. Cukup sebagaimana membuat kue bolu pada umumnya, yaitu menggunakan bahan tepung, telur, SP, baking powder dan SKM. Hanya yang membedakan adalah adanya pasta anggur yang dibuat dari anggur asli sebagaimana membuat selai. Kue ini sangat cocok disajikan untuk berbagai pertemuan dan bagus juga untuk hantaran.

***

Demikian beberapa tips olahan anggur yang dapat Anda coba di rumah. InsyaAllah pada kesempatan lain saya akan bagikan tips dan pembahasan yang lebih menarik lagi seputar buah dan kesehatan.

Share artikel ini ya.

Artikel ini dikirim oleh: Khadijah Efrison

0 Response to "Tips Olahan Anggur yang Bisa Anda Coba di Rumah"

Post a Comment

Silahkan menyapa, mengucapkan terima kasih atau mau bertanya. Saya ucapkan terima kasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel