Tutorial Install Codeigniter 4

Tutorial Install Codeigniter 4

Tutorial Install Codeigniter 4. Codeigniter merupakan salah satu framework PHP terpopuler saat ini. Ukurannya yang kecil namun dengan performa yang mengesankan membuat para programmer tertarik untuk mencoba dan menggunakannya dalam membangun aplikasi berbasis web.

Saat ini di halaman codeigniter.com masih tersedia versi ke 3, namun Anda masih bisa mendownload Codeigniter 4 di halaman download.

Framework ini cocok buat Anda yang baru ingin belajar framework PHP. Menurut saya, framework Codeigniter ini lebih mudah dipahami oleh pemula sekalipun. Strukturnya projectnya mudah dan tidak begitu banyak hal yang rumit. Dokumentasinya pun jelas.

Apabila Anda pernah menggunakan Codeigniter 3 dan belum mencoba Codeigniter 4, maka Anda wajib mencobanya. Sebab banyak perbedaan-perbedaan dari versi sebelumnya. Bisa dikatakan bahwa versi ke 4 ini lebih mirip ke Laravel. Misalnya seperti spark (mirip ke artisan), migrate untuk mengelola table dan lain-lain.

Penasaran dan siap nyoba? Ayo!

Cara Install Codeigniter 4

Sebelum Anda menginstall Codeigniter 4, ada beberapa saran yang saya berikan, yaitu:

Step #1 – Minimal Anda pernah belajar bahasa pemrograman PHP.

Step #2 – Minimal Anda memahami Object Oriented Programming (OOP).

Step #3 – Minimal sudah install XAMPP / WAMP dan sejenisnya.

Step #4 – Minimal Anda juga pernah mencoba install Codeigniter versi ke 3 agar tidak begitu pusing.

Step #4 – Selanjutnya adalah proses installasi Codeigniter 4. Pelajari secara mendetaill cara install Codeigniter 4 yang bisa Anda baca di halaman Cara Install dan Menjalankan Codeigniter 4.

Semoga bermanfaat.

Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel