Ads

  • Pos Terbaru

    TEBALKANLAH DINDING KAMARMU


    sumber: lazada.co.id
    Hari ke#4 - Tebalkanlah Dinding Kamarmu, Baru-baru ini –dan kemungkinan ini terjadi lagi- kabar viral muncul dari pasangan muda yang baru saja menikah lalu beberapa bulan kemudian bercerai. Saya tidak menghiraukan masalah siapa dan apa yang sebenarnya terjadi. Bahkan, saya kurang tertarik untuk membahas penyebabnya lebih dalam. Namun, justru yang membuat saya gelisah adalah medsos sudah menjadi tempat “curhat” permasalahan di dalam rumah tangga.

    Ada banyak opsi yang bisa dilakukan jika suatu masalah terjadi di dalam rumah tangga. Para ‘alim ‘ulama atau penulis senior sudah membahasnya panjang lebar untuk menjawab solusi dari permasalahan rumah tangga. Bukan sebaliknya, medsos dijadikan sebagai tempat curhat atau berharap solusi muncul setelah mempublikasikannya.

    Ada baiknya memahami bahwa tidak semua netizen (sebutan untuk para pengguna internet) punya ilmu yang memadai dalam hal pernikahan. Apalagi netizen berbeda-beda keilmuannya. Ada yang betul-betul paham ada pula yang tidak. Jikapun ada netizen yang memberikan saran, belum tentu itu sesuai dengan kapasitasnya sebagai seorang yang ahli dalam urusan pernikahan. Dan yang lebih parah lagi, netizen yang memberikan saran itu jomblo yang belum teruji keilmuannya di dalam rumah tangga. Hehehe. Sori ya mblo.

    Saya sangat bersyukur pernah diberikan nasehat berharga ini oleh seseorang yang saya hormati. Beliau menasehati saya, “Kalau ada masalah, selesaikan berdua. Jangan sampai masalah kalian berdua terdengar oleh orang lain atau anak nantinya.” Saya membenarkan nasehat ini dan tentunya ini penting untuk pasangan yang telah menikah.

    Pertama-tama, jangan unggah masalah keluarga melebihi batas tembok kamar. Entah itu lewat medsos, kedengaran tetangga ataupun anak yang mendengarkan masalah ibu bapaknya. Kerugian jika masalah diumbar di medsos akan memicu beragam penilaian dan semua orang jadi mengetahui masalah keluarga Anda yang belum tentu ada solusinya. Kerugian jika diketahui tetangga adalah boleh jadi menjadi bahan gunjingan dan pembicaraan tetangga. Sedangkan kerugian dari sisi anak adalah jatuhnya mental dan kepribadiannya akibat kedua orang tuanya terdengar bertengkar.

    Kedua, jika masalahnya begitu berat dan Anda tak mampu memikulnya, cara lainnya adalah bersujud kepada bertaqwa serta bertawakkal kepada Tuhan dan berdo’a dengan harapan bisa menemukan jalan keluar dari setiap masalah Anda beserta pasangan. Sebab, Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (Q.S. Ath-Thalaaq [65] : 2-3)

    Ketiga, Anda bisa meminta solusi kepada orang yang ilmu pernikahannya mumpuni dan bisa dipercaya untuk menjaga rahasia masalah keluarga Anda. Misalnya dari kalangan ‘alim ‘ulama, bapak-ibu, atau saudara-saudara. Dan perlu sebaiknya kita ingat adalah benar-benar memilih dan memilah siapa yang menurut Anda percaya mampu memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah keluarga Anda. Sebab jika Anda salah memilih seseorang untuk dimintakan solusinya, maka itu akan menjadi tambah masalah.

    Mari perkuat tembok kamar agar masalah tak mudah terdengar melewatinya. Mudah-mudahan dengan begitu semua masalah berserta rahasia Anda bersama pasangan akan terjaga dan lebih banyak mendapatkan solusi ketimbang menambah masalah yang lebih berat. Dan yang paling diharapkan dari semua itu adalah jalan keluar bagi setiap permasalahan yang ada. Insya Allah.   
    Next
    This is the most recent post.
    Posting Lama
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: TEBALKANLAH DINDING KAMARMU Rating: 5 Reviewed By: Wildan Fuady
    Scroll to Top