Ads

  • Pos Terbaru

    Wow! Inilah 2 Fakta yang Jarang Diketahui Tentang Nabi Adam As


    Sahabat Muslim, kali ini saya akan mengulas tentang 2 fakta menarik tentang Nabi Adam as yang jarang sekali diketahui serta diulas oleh kebanyakan orang.

    1. Cerdas

    Siapa yang tidak mengenal sosok Nabi Adam as? Pasti sangat mengenalnya. Beliau adalah salah satu nabi yang pintar dan cerdas. Bagaimana tidak, ilmu beliau telah melampaui malaikat beserta jin setelah diajarkan langsung oleh Allah SWT. Oleh karenanya, tidak heran jika Allah SWT memerintahkan para malaikat dan jin untuk bersujud kepadanya sebagai tanda penghormatan.

    Kecerdasan beliau dalam menangkap semua pelajaran dari Allah SWT tercermin dalam surat Al-Baqarah [2] : 31, Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: ‘Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!’”

    Dalam ayat tersebut nampak jelas bahwa Allah SWT telah mengajarkan kepada Nabi Adam as semua nama-nama benda yang tidak Dia berikan kepada para malaikat beserta jin. Yang menakjubkan, Nabi Adam as mampu menghafal semua nama-nama benda yang telah diajarkan oleh Allah SWT. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan Nabi Adam as dalam menghafal sangat baik alias sangat-sangat cerdas. Hal ini dikuatkan oleh surat Al-Baqarah [2] : 33:

    “Allah berfirman: ‘Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini.’ Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: ‘Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?’”

    Subhanallah, betapa menakjubkan ilmu yang dimiliki oleh Nabi Adam as yang diajarkan langsung oleh yang Maha Mengetahui, Allah SWT.

    2. Husnudzon kepada Allah SWT

    Namun, kecerdasannya belum mampu untuk menahan godaan ari iblis. Sebagaimana ada kelebihan, setiap manusia pasti mempunyai kekurangan. Begitu pun Nabi Adam as. Beliau sudah diberikan kesempatan hidup enak di dalam surga, namun akibat kesalahan yang dilakukannya akibat bisikan iblis, maka ia dikeluarkan dari surga dan diturunkan ke bumi.

    Mulailah Nabi Adam as harus berusaha sendiri untuk memenuhi kebutuhannya. Tidak seperti di surga yang semuanya serba tersedia.

    Bila kita menjadi Nabi Adam as, mungkin akan sangat sulit sekali move on. Bagaimana tidak, baru saja mendapatkan kenikmatan yang luar biasa, beberapa waktu kemudian kondisinya berubah 180 derajat. Dari yang nikmat dan sudah tersedia, sekarang harus berusaha terlebih dahulu untuk mencapai sesuatu.

    Hal ini membuat Nabi Adam as merasa bersalah dan berdosa kepada Allah SWT. Menyadari kesalahannya, Nabi Adam as pun bertaubat kepada Allah SWt seraya memohon ampunan kepada-Nya. Tidak tanggung-tanggung, beliau bertaubat selama ratusan tahun lamanya.

    Bayangkan, lama beliau taubat ini sungguh mencengangkan. Bagaimana rasanya taubat ratusan tahun? Mungkin kita akan berkata, “Lho udah capek tho taubat kok belum diampuni?” atau kalau kita lagi nunggu balasan seseorang, “Lho lama banget sih balesnya?”.

    Akan tetapi, Nabi Adam terus berharap diampuni dosanya oleh Allah SWT. Ia terus husnudzon tak kenal lelah untuk bertaubat dengan sebak-baiknya. Hingga waktu lamanya Nabi Adam as terus bertaubat, hingga Allah SWT mengajarinya beberapa kalimat yang tercantum dalam surat Al-Baqarah [2] : 37:

    “Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

    Kemudian Nabi Adam as berdo’a dengan isak tangis yang terekam dalam surat Al-A’raaf [7] : 23:

    “Keduanya berkata: ‘Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.’”


    Pada akhirnya, Nabi Adam as diterima taubatnya dan kehidupannya mulai membaik. 

    ***

    Demikianlah 2 fakta menarik yang jarang diketahui tentang Nabi Adam as. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi hikmah buat kita semuanya. Aamiin.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Wow! Inilah 2 Fakta yang Jarang Diketahui Tentang Nabi Adam As Rating: 5 Reviewed By: Wildan Fuady
    Scroll to Top