Ramai! ILC Bahas Pulau Reklamasi, Nelayan Mencurahkan Isi Hatinya

20.25.00

WILDANFUADY.COM. Selasa, 17/10/2017 ILC atau yang lebih dikenal sebagai Indonesia Lawyer Club kini ramai membincangkan isu Pulau Reklamasi setelah gubernur terpilih Anies Baswedan – Sandiaga Uno menjabat sebagai gubernur Jakarta periode 2018/2023. Mereka berharap gubernur terpilih akan menepati janjinya untuk menolak reklamasi.

Bang Karni Ilyas yang memimpin acara tersebut sengaja mengundang para nelayan untuk mencurahkan isi hatinya terkait pulau reklamasi.

Salah satu pernyataan perwakilan nelayan yang penulis catat adalah, “Nelayan membutuhkan laut, bukan reklamasi.”

Para nelayan menggap adanya pulau reklamasi akan menggangu ekosistem biota laut dan hanya menguntungkan bagi pengembang. Nelayan berharap agar pulau reklamasi dihentikan sehingga nelayan bisa melakukan aktifitas seperti sebelumnya.

Bagi mereka, laut merupakan mata pencaharian yang sulit tergantikan. Adanya laut sebagai sumber penghasilan mereka akan membantu menaikan ekonomi bagi keluarga dan kehidupan nelayan. Mereka sepakat untuk mendukung berhentinya proyek reklamasi.

Menurut mereka, proyek reklamasi hanya menguntungkan pengembang dan menghancurkan ekosistem pinggiran laut sehingga biota-biota laut akan mati dan menghentikan arus laut ke pinggir pantai. Hal tersebut dapat mencegah para ikan untuk ke pinggir pantai.

Demikian sedikit pernyataan yang saya kutip dari ILC malam ini. Silahkan lanjutkan menonton sampai selesai ya atau nonton cuplikannya di youtube.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »