Ads

  • Pos Terbaru

    Mungkin 5 Hal ini Terjadi Pada Adik, Kakak atau Saudara Perempuanmu, Sampaikahlah Sebelum Terlambat!

    Sejujurnya tulisan ini saya buat dengan hati yang teriris. Bagaimanapun saya sungguh peduli dengan kalian wahai kaum hawa. Namun apalah saya yang nampaknya tidak berani menyampaikan secara langsung. Mudah-mudahan dengan membaca tulisan ini akan tersampaikan segala resah di hati saya.

    Ini untukmu, saudari perempuanku.

    Ada lima hal yang perlu saya sampaikan di sini terkait perempuan. Lima hal ini adalah kegelisahan saya dan tulisan ini adalah bentuk kepedulian terhadap saudari perempuan di mana saja berada. Inilah lima hal berikut:

    1# Rambut Masih Terlihat Meskipun Pakai Kerudung / Jilbab

    Di sekitar kita mungkin masih banyak yang seperti ini. Jujur saja, rambutmu itu mahkotamu yang harusnya ditutup dan jangan dipertontonkan. Cukuplah jilbabmu bisa menutup sebagian rambut yang masih terlihat.

    Sebagai saran, mungkin kamu bisa memakai ciput atau mendesain jilbabmu agar rambut di atas dahi tidak kelihatan. Ya, meskipun alasanmu tidak mungkin terlihat atau ada yang memperhatikan, tetap saja suatu saat orang lain akan bisa melihatnya jika berhadapan atau lebih pendek darimu, kan?
    Maka, tutuplah rambutmu dan rapatkanlah jilbabmu agar tidak menyisakan sebagian rambut yang terlihat.

    2# Kerudung / Jilbab Menutupi Lampu Belakang Saat Naik Motor

    Pernah terjadi kecelakaan akibat lampu belakang pengendara motor tidak terlihat karena penumpangnya, sebutlah saudari berjilbab, menutupi lampu belakang dengan jilbabnya. Secara otomatis, ini akan membuat pengendara di belakangmu tidak akan melihat lampu belakang motor.

    Kejadian ini sangat rentang dengan kecelakaan. Bukan salah jilbab / kerudungnya yang panjang, saudariku. Tetapi, cobalah untuk menduduki ujung jilbab panjangmu di atas jok sehingga tidak menutupi lampu belakang motor.

    Inipun berlaku untuk tas, jas hujan spiderman dan benda lainnya yang berpotensi menutupi lampu belakang motor saat berkendara.

    3# Aurat di Bawah Kemaluan Terlihat Saat Boncengan Naik Motor

    Nah, ini yang sering terjadi dan menjadi keprihatinan saya. Kadang pada perempuan berjilbab tidak menyadari atau memang sudah tahu tapi sebodoan terkait hal ini. Sayangnya, aurat di bawah kemaluan mereka terlihat dan sangat mengganggu bagi yang melihatnya.

    Nah, gimana kalau malah ada yang menikmati saat melihatnya? Bukankah itu menjadi dosa untuk si perempuan itu karena membuka auratnya?

    Saran saya, saudariku. Cobalah memakai celana panjang sebelum memakai rok. Tidak apa gerah, sebab lebih gerah lagi nanti di akhirat nanti. Toh tujuannya untuk menjaga mata para lelaki agar selamat dari dosa pandangan, kan?

    Oh iya, meskipun kaus kakimu panjang, tetap saja bisa terlihat saat kamu dibonceng naik motor. Mohon perhatikan hal ini ya, duhai saudariku.

    4# Bentuk Lekuk Tubuh Masih Terlihat Saat Memakai Hijab

    Hal ini suka terjadi jika para perempuan memakai hijab yang bahannya jatuh. Ah, entah seperti apa saya menggambarkannya. Yang jelas, katakanlah memakai bergo, tapi bagian dari pundak ke bawah terlihat nampak atau misalnya pakai gamis dari bahan jatuh (istilahnya apa ya? Mungkin saya memandangnya bahan yang nggak perlu disetrika udah rapih hehe).

    Kejadian ini memudahkan bentuk lekuk tubuh mudah terlihat sekalipun memakai hijab. So, buat perempuan pikirkan baik-baik pakaian yang menutup aurat secara sempurna. Tidak perlu ikut modis-modis yang justru malah membuat auratmu nampak padahal sudah memakai hijab. Waspadalah!

    5# Tabarruj Media Sosial

    Mungkin kamu baru mendengar istilah ini ya? Yaiyalah wong saya yang buat pertama kali hehe.
    Saudariku, salah satu contoh tabarruj media sosial adalah selfie. Tak jarang lho selfie membawa maut. Maksudnya boleh jadi membawa maut secara jasadi maupun secara rohani. Secara jasad misalnya berfoto untuk dipublikasikan dengan niat agar banyak yang suka, dikatakan cantik, dikasih like dan ditampilkan kepada semua orang. Padaha, itu semua sama sekali tidak ada manfaatnya.

    Apa gunanya penilaian orang lain? Bukankah kecantikan yang hakiki itu kecantikan hati?

    Well, ini penting karena memang para perempuan sebagian besar suka selfie. Namun cobalah selfie yang berfaedah. Misalnya, selfie namun hanya untuk kosumsi pribadi dan tidak diumbar ke media sosial. Fotonya juga biasa saja tidak perlu ada hal-hal yang akan menjerumuskan laki-laki naik nafsunya. Lalu, jangan lupa aurat pun tertutup sebaik mungkin hingga tidak menimbulkan dosa pandangan bagi yang melihatnya.

    Semoga kamu menyadarinya…
    ***
    Demikianlah 5 nasehat penting ini. Sebarkan ke semua perempuan yang kamu sayangi agar mereka juga ikut terbantu untuk menjadi lebih baik.


    Boleh jadi lisanmu kaku untuk menasehati, tetapi dengan mengirimkan tulisan ini kepada orang terdekatmu bisa menjadi wasilah hijrah buat mereka. Aamiin.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    1. jazakallah kak, hal-hal kecil yang kadang dilupakan.

      BalasHapus

    Item Reviewed: Mungkin 5 Hal ini Terjadi Pada Adik, Kakak atau Saudara Perempuanmu, Sampaikahlah Sebelum Terlambat! Rating: 5 Reviewed By: Wildan Fuady
    Scroll to Top