Ramai! ILC Bahas Pulau Reklamasi, Nelayan Mencurahkan Isi Hatinya

20.25.00 Add Comment

WILDANFUADY.COM. Selasa, 17/10/2017 ILC atau yang lebih dikenal sebagai Indonesia Lawyer Club kini ramai membincangkan isu Pulau Reklamasi setelah gubernur terpilih Anies Baswedan – Sandiaga Uno menjabat sebagai gubernur Jakarta periode 2018/2023. Mereka berharap gubernur terpilih akan menepati janjinya untuk menolak reklamasi.

Bang Karni Ilyas yang memimpin acara tersebut sengaja mengundang para nelayan untuk mencurahkan isi hatinya terkait pulau reklamasi.

Salah satu pernyataan perwakilan nelayan yang penulis catat adalah, “Nelayan membutuhkan laut, bukan reklamasi.”

Para nelayan menggap adanya pulau reklamasi akan menggangu ekosistem biota laut dan hanya menguntungkan bagi pengembang. Nelayan berharap agar pulau reklamasi dihentikan sehingga nelayan bisa melakukan aktifitas seperti sebelumnya.

Bagi mereka, laut merupakan mata pencaharian yang sulit tergantikan. Adanya laut sebagai sumber penghasilan mereka akan membantu menaikan ekonomi bagi keluarga dan kehidupan nelayan. Mereka sepakat untuk mendukung berhentinya proyek reklamasi.

Menurut mereka, proyek reklamasi hanya menguntungkan pengembang dan menghancurkan ekosistem pinggiran laut sehingga biota-biota laut akan mati dan menghentikan arus laut ke pinggir pantai. Hal tersebut dapat mencegah para ikan untuk ke pinggir pantai.

Demikian sedikit pernyataan yang saya kutip dari ILC malam ini. Silahkan lanjutkan menonton sampai selesai ya atau nonton cuplikannya di youtube.

Liga 1: Persiba 3 – 2 Bali United, Laga Berlangsung dengan Mengejutkan

20.55.00 Add Comment

Senin, 16/10/2017. Liga 1 kembali menghadirkan pertandingan antara Persiba Balikpapan berhadapan dengan Bali United pada pukul 18.30. Pertandingan ini berlangsung dengan Persiba sebagai tuan rumahnya dan menjamu Bali United.

Di babak pertama laga berlangsung sengit. Kedua tim saling menyerang demi meraih kemengan dan meraih point. Namun di babak kedua, Bali United unggul 1 gol dan membuat skor menjadi 2-1 untuk keungguan Bali United.

Skor ini bertahan hingga menit ke 75. Pelatih Persiba Balikpapan akhirnya memutusnya untuk mengganti penyerang andalannya Marlon Silva dan memasukan salah satu pemain bintang Timnas U-19 era Evan Dimas dkk.

Baca Juga: Tak Disangka, Ternyata Inilah Penyebab Chairul Huda Kiper Persela Lamongan Wafat

Rasanya, keberuntungan dimiliki oleh Persiba di malam ini. Dua gol tambahan bagi Persiba dilesatkan di menit-menit akhir. Salah satu pemain Persiba menjadi penentu kemenangan untuk Persiba atas Bali United memanfaatkan kesalahan dari kiper bali United.

Di menit injuri time 90+2 Persiba berhasil menambah golnya yang ketiga dan membuat skor menjadi 3-2 atas Bali United. Kemenangan ini membuat Persiba meraih 3 point atas kemenangannya sementara Bali United harus menelan kekalahannya. 

Simak video selengkapnya:


Akhirnya Maldini Pali Bintang Timnas U-19 Kembali Hadir di Liga 1, Inilah Klub Serta Perannya

20.41.00 Add Comment

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Maldini Pali? Pemain sayap Timnas Indonesia U-19 yang sempat menjuarai AFC 2013 ini telah lama dikabarkan tidak main lagi di layar sepakbola Indonesia.

Namun, beberapa waktu kemudian akhirnya ia mendapatkan klub baru yang menggunakan jasanya. Pemain yang terkenal dengan kelincahannya dalam mendribling bola ini, sukses membuat assist bagi Evan Dimas dkk saat bermain di Timnas U-19 lalu. Ia pun sangat lincah dalam mengelabui dan melewati lawan-lawannya.

Meski dikabarkan mempunyai beberapa kasus, akhirnya kini ia dipercaya kembali bermain di liga 1. Pada Senin, 16/10/2017 ini ia trun sebagai pemain pengganti dan sukses membawa kemenangan bagi timnya, yakni Persiba Balikpapan.

Sebelumnya, Persiba sempat tertinggai 2-1 atas tamunya, Bali United FC. Namun setelah Maldini Pali masuk sebagai pemain pengganti, kondisi berubah dan membuat 2 gol tambahan bagi Persiba Balikpapan dan membuat skor menjadi 3-2. Ia juga berposisi sebagai pemain sayap sebagaimana posisinya di Timnas dahulu.

Baca Juga: Liga 1: Persiba 3 – 2 Bali United, LagaBerlangsung dengan Mengejutkan

Tentu sebagian besar penggemar sepak bola sangat berharap Maldini Pali bisa kembali berkarir di Timnas U-22 atau Timnas Senior ya. Gocekan dan kelincahannya di posisi sayap sangat bermanfaat buat timnas ke depan. Semangat terus berlatih dan salam sukses ya Maldini Pali.

Mungkin 5 Hal ini Terjadi Pada Adik, Kakak atau Saudara Perempuanmu, Sampaikahlah Sebelum Terlambat!

19.50.00 1 Comment
Sejujurnya tulisan ini saya buat dengan hati yang teriris. Bagaimanapun saya sungguh peduli dengan kalian wahai kaum hawa. Namun apalah saya yang nampaknya tidak berani menyampaikan secara langsung. Mudah-mudahan dengan membaca tulisan ini akan tersampaikan segala resah di hati saya.

Ini untukmu, saudari perempuanku.

Ada lima hal yang perlu saya sampaikan di sini terkait perempuan. Lima hal ini adalah kegelisahan saya dan tulisan ini adalah bentuk kepedulian terhadap saudari perempuan di mana saja berada. Inilah lima hal berikut:

1# Rambut Masih Terlihat Meskipun Pakai Kerudung / Jilbab

Di sekitar kita mungkin masih banyak yang seperti ini. Jujur saja, rambutmu itu mahkotamu yang harusnya ditutup dan jangan dipertontonkan. Cukuplah jilbabmu bisa menutup sebagian rambut yang masih terlihat.

Sebagai saran, mungkin kamu bisa memakai ciput atau mendesain jilbabmu agar rambut di atas dahi tidak kelihatan. Ya, meskipun alasanmu tidak mungkin terlihat atau ada yang memperhatikan, tetap saja suatu saat orang lain akan bisa melihatnya jika berhadapan atau lebih pendek darimu, kan?
Maka, tutuplah rambutmu dan rapatkanlah jilbabmu agar tidak menyisakan sebagian rambut yang terlihat.

2# Kerudung / Jilbab Menutupi Lampu Belakang Saat Naik Motor

Pernah terjadi kecelakaan akibat lampu belakang pengendara motor tidak terlihat karena penumpangnya, sebutlah saudari berjilbab, menutupi lampu belakang dengan jilbabnya. Secara otomatis, ini akan membuat pengendara di belakangmu tidak akan melihat lampu belakang motor.

Kejadian ini sangat rentang dengan kecelakaan. Bukan salah jilbab / kerudungnya yang panjang, saudariku. Tetapi, cobalah untuk menduduki ujung jilbab panjangmu di atas jok sehingga tidak menutupi lampu belakang motor.

Inipun berlaku untuk tas, jas hujan spiderman dan benda lainnya yang berpotensi menutupi lampu belakang motor saat berkendara.

3# Aurat di Bawah Kemaluan Terlihat Saat Boncengan Naik Motor

Nah, ini yang sering terjadi dan menjadi keprihatinan saya. Kadang pada perempuan berjilbab tidak menyadari atau memang sudah tahu tapi sebodoan terkait hal ini. Sayangnya, aurat di bawah kemaluan mereka terlihat dan sangat mengganggu bagi yang melihatnya.

Nah, gimana kalau malah ada yang menikmati saat melihatnya? Bukankah itu menjadi dosa untuk si perempuan itu karena membuka auratnya?

Saran saya, saudariku. Cobalah memakai celana panjang sebelum memakai rok. Tidak apa gerah, sebab lebih gerah lagi nanti di akhirat nanti. Toh tujuannya untuk menjaga mata para lelaki agar selamat dari dosa pandangan, kan?

Oh iya, meskipun kaus kakimu panjang, tetap saja bisa terlihat saat kamu dibonceng naik motor. Mohon perhatikan hal ini ya, duhai saudariku.

4# Bentuk Lekuk Tubuh Masih Terlihat Saat Memakai Hijab

Hal ini suka terjadi jika para perempuan memakai hijab yang bahannya jatuh. Ah, entah seperti apa saya menggambarkannya. Yang jelas, katakanlah memakai bergo, tapi bagian dari pundak ke bawah terlihat nampak atau misalnya pakai gamis dari bahan jatuh (istilahnya apa ya? Mungkin saya memandangnya bahan yang nggak perlu disetrika udah rapih hehe).

Kejadian ini memudahkan bentuk lekuk tubuh mudah terlihat sekalipun memakai hijab. So, buat perempuan pikirkan baik-baik pakaian yang menutup aurat secara sempurna. Tidak perlu ikut modis-modis yang justru malah membuat auratmu nampak padahal sudah memakai hijab. Waspadalah!

5# Tabarruj Media Sosial

Mungkin kamu baru mendengar istilah ini ya? Yaiyalah wong saya yang buat pertama kali hehe.
Saudariku, salah satu contoh tabarruj media sosial adalah selfie. Tak jarang lho selfie membawa maut. Maksudnya boleh jadi membawa maut secara jasadi maupun secara rohani. Secara jasad misalnya berfoto untuk dipublikasikan dengan niat agar banyak yang suka, dikatakan cantik, dikasih like dan ditampilkan kepada semua orang. Padaha, itu semua sama sekali tidak ada manfaatnya.

Apa gunanya penilaian orang lain? Bukankah kecantikan yang hakiki itu kecantikan hati?

Well, ini penting karena memang para perempuan sebagian besar suka selfie. Namun cobalah selfie yang berfaedah. Misalnya, selfie namun hanya untuk kosumsi pribadi dan tidak diumbar ke media sosial. Fotonya juga biasa saja tidak perlu ada hal-hal yang akan menjerumuskan laki-laki naik nafsunya. Lalu, jangan lupa aurat pun tertutup sebaik mungkin hingga tidak menimbulkan dosa pandangan bagi yang melihatnya.

Semoga kamu menyadarinya…
***
Demikianlah 5 nasehat penting ini. Sebarkan ke semua perempuan yang kamu sayangi agar mereka juga ikut terbantu untuk menjadi lebih baik.


Boleh jadi lisanmu kaku untuk menasehati, tetapi dengan mengirimkan tulisan ini kepada orang terdekatmu bisa menjadi wasilah hijrah buat mereka. Aamiin.

Wow! Inilah 2 Fakta yang Jarang Diketahui Tentang Nabi Adam As

13.15.00 Add Comment

Sahabat Muslim, kali ini saya akan mengulas tentang 2 fakta menarik tentang Nabi Adam as yang jarang sekali diketahui serta diulas oleh kebanyakan orang.

1. Cerdas

Siapa yang tidak mengenal sosok Nabi Adam as? Pasti sangat mengenalnya. Beliau adalah salah satu nabi yang pintar dan cerdas. Bagaimana tidak, ilmu beliau telah melampaui malaikat beserta jin setelah diajarkan langsung oleh Allah SWT. Oleh karenanya, tidak heran jika Allah SWT memerintahkan para malaikat dan jin untuk bersujud kepadanya sebagai tanda penghormatan.

Kecerdasan beliau dalam menangkap semua pelajaran dari Allah SWT tercermin dalam surat Al-Baqarah [2] : 31, Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: ‘Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!’”

Dalam ayat tersebut nampak jelas bahwa Allah SWT telah mengajarkan kepada Nabi Adam as semua nama-nama benda yang tidak Dia berikan kepada para malaikat beserta jin. Yang menakjubkan, Nabi Adam as mampu menghafal semua nama-nama benda yang telah diajarkan oleh Allah SWT. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan Nabi Adam as dalam menghafal sangat baik alias sangat-sangat cerdas. Hal ini dikuatkan oleh surat Al-Baqarah [2] : 33:

“Allah berfirman: ‘Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini.’ Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: ‘Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?’”

Subhanallah, betapa menakjubkan ilmu yang dimiliki oleh Nabi Adam as yang diajarkan langsung oleh yang Maha Mengetahui, Allah SWT.

2. Husnudzon kepada Allah SWT

Namun, kecerdasannya belum mampu untuk menahan godaan ari iblis. Sebagaimana ada kelebihan, setiap manusia pasti mempunyai kekurangan. Begitu pun Nabi Adam as. Beliau sudah diberikan kesempatan hidup enak di dalam surga, namun akibat kesalahan yang dilakukannya akibat bisikan iblis, maka ia dikeluarkan dari surga dan diturunkan ke bumi.

Mulailah Nabi Adam as harus berusaha sendiri untuk memenuhi kebutuhannya. Tidak seperti di surga yang semuanya serba tersedia.

Bila kita menjadi Nabi Adam as, mungkin akan sangat sulit sekali move on. Bagaimana tidak, baru saja mendapatkan kenikmatan yang luar biasa, beberapa waktu kemudian kondisinya berubah 180 derajat. Dari yang nikmat dan sudah tersedia, sekarang harus berusaha terlebih dahulu untuk mencapai sesuatu.

Hal ini membuat Nabi Adam as merasa bersalah dan berdosa kepada Allah SWT. Menyadari kesalahannya, Nabi Adam as pun bertaubat kepada Allah SWt seraya memohon ampunan kepada-Nya. Tidak tanggung-tanggung, beliau bertaubat selama ratusan tahun lamanya.

Bayangkan, lama beliau taubat ini sungguh mencengangkan. Bagaimana rasanya taubat ratusan tahun? Mungkin kita akan berkata, “Lho udah capek tho taubat kok belum diampuni?” atau kalau kita lagi nunggu balasan seseorang, “Lho lama banget sih balesnya?”.

Akan tetapi, Nabi Adam terus berharap diampuni dosanya oleh Allah SWT. Ia terus husnudzon tak kenal lelah untuk bertaubat dengan sebak-baiknya. Hingga waktu lamanya Nabi Adam as terus bertaubat, hingga Allah SWT mengajarinya beberapa kalimat yang tercantum dalam surat Al-Baqarah [2] : 37:

“Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

Kemudian Nabi Adam as berdo’a dengan isak tangis yang terekam dalam surat Al-A’raaf [7] : 23:

“Keduanya berkata: ‘Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.’”


Pada akhirnya, Nabi Adam as diterima taubatnya dan kehidupannya mulai membaik. 

***

Demikianlah 2 fakta menarik yang jarang diketahui tentang Nabi Adam as. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi hikmah buat kita semuanya. Aamiin.

Tak Disangka, Ternyata Ini Penyebab Chairul Huda Kiper Persela Lamongan Wafat

08.18.00 2 Comments
WILDANFUADY.COM, Kabar mengejutkan datang dari pertandingan sepak bola liga 1 di Indonesia. Setelah beberapa hari lalu kita mendengar kabar meninggalnya supporter bola, kini kabar duka menyelimuti seluruh penggemar sepak bola di Indonesia.

Tak disangka, ajal menemui salah satu kiper Persela Lamongan saat menghadapi Semen Padang FC. Chairul Huda, kiper senior Persela Lamongan itu mengalami benturan keras dengan salah satu pemain Persela Lamongan di menit ke 45 saat menghadang pemain Semen Padang –Marcel Sacramento.

Benturan itu mengakibatkan Chairul Huda kejang dan mendapatkan perawatan medis hingga akhirnya tak sadarkan diri. Banyak yang menduga-duga bahwa penyababnya adalah benturan keras di kelapa. Namun, pihak rumah sakit belum memutuskannya.

Hingga akhirnya Chairul Huda tak sadarkan diri dan dibawa oleh ambulan ke RSUD Soegiri untuk diberikan perawatan yang lebih cepat. Namun sayang, nyawa Chairul Huda tidak terselamatkan dan membuat duka bagi seluruh pemain Persela Lamongan dan seluruh penggemar sepakbola.

Baca Juga: Akhirnya Maldini Pali Kembali Bermain di Liga 1, Ini Klub Serta Perannya 

Bagi pemain, kemenangan 2-0 atas Semen Padang ini tidak akan dimeriahkan oleh kabar baik, namun malah menjadi laga duka cita bagi Persela Lamongan. Apalah arti kemenangan sementara ada salah satu pemain yang harus menjadi taruhannya.

Sepanjang 45 menit pertama, Chairul Huda bermain sangat baik dalam menjaga gawang persela Lamongan. Namun di akhir babak pertama, Chairul Huda mengalami peristiwa yang tidak disangka-sangka hingga ia wafat.

Pihak RSUD Soegiri memastikan kematian Chairul Huda dikarenakan cedera di dada sebelah kiri. Saat penulis menonton videonya, Chairul Huda memang tampak memegang dada kirinya dan memberikan isyarat agar ditarik lidahnya.

Menurut penggemar, menarik lidah pemain yang terkena benturan kepala dan memberikan nafas buatan bisa mencegah terjadinya shock terapi bagi pemain. Wallahu ‘alam.

Simak Video Selengkapnya: