Ads

  • Pos Terbaru

    KABAK BAIK! Redaksi Diva Press Menerima Naskah Novel Bulan Ini, Ayo Kirim!

    Sumber: http://www.education-ksa.com
    KABAK BAIK! Redaksi Diva Press Menerima Naskah Novel Bulan Ini, Ayo Kirim! - Wildanfuady.com

    Penulis!

    Sudah lama saya nggak ngeblog lagi. Kali ini saya akan memberitahukan informasi penting bagi kamu-kamu yang ingin menerbitkan novel nih.

    So, sebelum saya kasih tahu, sedikit informasi bahwa penerbit Diva Press adalah penerbit major. Kamu bisa cek buku-buku terbitan mereka di toko buku se-Indonesia. Baik di Gramedia, Toga Mas, Rumah Buku dan lain-lain.

    Selain itu, naskah yang diterima oleh redaksi Diva Press akan dicetak dan disebarluaskan ke toko-toko buku Se-Indonesia.

    Wowww, pastinya kamu pengen banget donk bisa kaya gitu. Pastinya :)

    Sebelum kamu mengirimkan naskah, pastinya kamu kudu punya naskah novel dulu donk. Ya iyalah, masa nggak. Apa yang mau dikirim nantinya? Hati? Perasaan? #BaperMblo

    Pastinya naskah ya. Jadi, persiapkan ya naskahmu dari sekarang juga!

    Kalau belum gimana? Ya nulis dulu donk! Yaudah dari pada baper mending nulis ya.

    Baca juga: Rekomendasi Pelatihan Menulis Online Untukmu

    Oke, berikut info selengkapnya. Cekidot?! #EhJanganNgantukYa :)

    1. Redaksi Fiksi kembali membuka penerimaan naskah untuk kategori novel periode 25 Agustus-31 Oktober 2017.
    2. Genre naskah bebas (romance, komedi, horor, detektif dll, kecuali fanfiction dan fantasi). Sasaran pembaca: remaja, young adult, maupun dewasa). Baik genre naskah maupun sasaran pembaca, cantumkan pada halaman pertama naskah.
    3. Cantumkan keunikan dari karyamu sebagai poin plus tim redaksi saat mengevaluasi karya. Cantumkan pula bagaimana strategimu untuk memperkenalkan karya kepada publik begitu buku tersebut terbit.
    4. Format naskah fiksi, silakan dilihat pada link berikut. Kirimkan naskah utuh, sinopsis (ringkasan cerita 1-2 halaman), biodata narasi, no. HP ke email: sekred.divapress@gmail.com, judul email: #NASKAHNOVELKU + (judul naskah).
    5. Badan email biarkan kosong.
    6. Masa evaluasi 2 bulan.
    Sumber: blogdivapress.com
    Sumber: blogdivapress.com

    Adapun syarat dan ketentuan naskahnya, yaitu:

    1.   Jika naskah yang dikirimkan adalah naskah fiksi (novel dewasa/teenlit), penulis wajib melengkapi naskah tersebut dengan “sinopsis” yang dibuat dalam file terpisah dari isi naskah.
    2.   Jumlah halaman naskah novel dewasa 250–400 halaman dengan format ukuran kertas A4, top 4 cm; bottom 3 cm; left 4 cm; dan right 3 cm, spasi ganda, font times new roman ukuran 12. Untuk naskah anak (untuk pembaca SD-SMP) dengan ketebalan minimal 50-100 hlm, sedangkan cerita anak (untuk TK-3 SD) dengan ketebalan maksimal 50 hlm.
    3.   Jumlah halaman naskah novel teenlit 180–220 halaman dengan format ukuran kertas A4, top 4 cm; bottom 3 cm; left 4 cm; dan right 3 cm, spasi 2, font times new roman 12 pts.
    4.   Jika naskah yang dikirimkan adalah naskah nonfiksi (buku agama/buku anak/buku pelajaran, dan sebagainya), penulis wajib melengkapi naskah tersebut dengan “daftar isi” serta “uraian keunggulan” naskah yang ditawarkan dalam file yang terpisah dari isi naskah.
    5.   Jumlah halaman naskah nonfiksi 150–250 halaman dengan format ukuran kertas A4, top 4 cm; bottom 3 cm; left 4 cm; dan right 3 cm, spasi ganda, font times new roman ukuran 12.
    6.   Judul email diisi dengan format: penawaran naskah + judul naskah (kode naskah).
    Misalnya:
    Ke: redaksi_divapress@yahoo.com/sekred.divapress@gmail.com
    Judul email: penawaran naskah I Found My Heart (Teen)
    7.   Jika naskah dikirim via pos atau diantar sendiri, silakan tulis judul dan kode naskah di sudut amplop sebelah kanan.
    Misalnya:
    Judul: penawaran naskah Tuntunan Dzikir Sepanjang Hari (Ag)
    8.   Kode naskah:
    a.   (U)       :  untuk naskah buku umum, misalnya buku pelajaran umum, buku psikotes, buku traveling, dan sebagainya.
    b.   (Ag)     :  untuk naskah buku agama Islam, misalnya buku tentang tata cara shalat, buku tentang manfaat puasa, buku wacana keislaman, dan sebagainya.
    c.   (An)    :  untuk naskah buku anak, misalnya belajar membaca untuk anak, belajar membaca al-Qur’an untuk anak, belajar menggambar dan mewarnai, dan sebagainya.
    d.   (Teen) :  untuk naskah buku remaja dan novel teenlit. (Nv) :  untuk naskah novel dewasa. (Jalur penerimaan naskah fiksi untuk sementara kami tutup)
    Konfirmasi Naskah
    1. Setiap naskah dalam bentuk print out yang dikirimkan ke redaksi DIVA Press dan ditolak, tidak akan dikembalikan kepada penulis. Penulis dipersilakan untuk mengambil naskah tersebut dengan datang langsung ke kantor redaksi maksimal 1 minggu setelah konfirmasi penolakan dari pihak redaksi.
    2. Naskah yang sudah dinyatakan ditolak tidak akan diterbitkan oleh DIVA Press dan akan dibuang agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
    3. Konfirmasi penerimaan naskah akan diberikan maksimal 1 bulan setelah naskah sampai ke meja redaksi.
    4. Naskah yang telah diterima hanya akan diedit oleh staf redaksi DIVA Press yang berwenang.

    Sumber: blogdivapress.com

    Nah, tunggu apa lagi. Yuk kirim novelmu ke Diva Press. :)

    Jika ada yang mau kamu tanyakan, silahkan ke kolom komentar ya kawan-kawan. 

    Jangan lupa tinggalkan jejak. Ucapan terima kasih kalau boleh mah. Hehehe.


    Salam,

    Wildan Fuady, Penulis 14 buku.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: KABAK BAIK! Redaksi Diva Press Menerima Naskah Novel Bulan Ini, Ayo Kirim! Rating: 5 Reviewed By: Wildan Fuady
    Scroll to Top