Ads

  • Pos Terbaru

    Menulis Itu Gampang


    “Banyak jalan menuju roma,” anonim.

    Ungkapan itu seringkali kita dengar. Banyak yang menggunakan quote ini sebagai motivasi meraih impian. Begitu juga dengan menulis. Banyak banget yang ingin jadi penulis, tapi sering terkendala dengan alasan inilah itulah, macem-macem alasannya. Saya pikir, sebenernya menulis itu gampang. Nggak ada yang bikin ribet kecuali diri kita sendiri.

    Coba pikirkan, seringkali kita ketik sms, chating dan lain-lain itu bisa. Nuangin pikiran lewat chatingan dan status facebook bisa, terus kenapa nulis satu tema saja nggak bisa?

    Beneran, nulis itu gampang. Dulu pertama kali nulis buku pertama, mana saya tau tentang EYD, tata cara nulis, saya hanya belajar dari membaca. Lalu saya nulis apa adanya. Pun masih kelihatan acak-acakan dan jarang menang lomba, no problem. Saya tetap lanjut menulis.

    Selain itu, saya nggak punya rumus sukses selain baca, baca, baca dan nulis, nulis, nulis. Selain itu, silahkan ajah nanya-nanya sama yang berpengalaman. Boleh juga ditambah dengan ikut seminar-seminar supaya termotivasi.

    Tapi ingat ya, yang penting tetap prakteknya. Datang ke seminar, baca-baca, berdiskusi ya silahkan ajah, tapi tetap praktek nulis.

    Nulislah dari apa yang kita bisa. Nulis satu halaman cerita, pikiran, atau sampai karya ilmiah sekalipun. Yang pasti, nulislah dari hal yang paling mudah dulu, yang disukai, dan istiqomahkan. 
    InsyaAllah lambat laun akan terbiasa juga dalam hal menulis. 


    Perihal diterbitkan atau tidak, bukan suatu masalah. Kalau diterbitkan bagus. Terus nulis lagi. Kalaupun belum tebit ya bisa nulis dulu di blog, stroial, facebook dan lain-lain. Intinya, masih banyak jalan agar bisa menulis.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Menulis Itu Gampang Rating: 5 Reviewed By: Wildan Fuady
    Scroll to Top