Ads

  • Pos Terbaru

    Meminta Maaf dan Memafkan Kesalahan Orang Lain


    Terkadang diri kita sangat mudah untuk menyalahkan orang lain. Kesalahan kecil nampak besar. Sehingga yang tidak nampak kesalahannya, akan kita usahakan agar diketahui banyak orang.

    Berbagai kesalahan mungkin saja pernah kita lakukan kepada orang lain. Tapi entah mengapa, untuk meminta maaf itu sangat sulit. Kita sudah terlalu gensi pada diri sendiri sehingga enggan meminta maaf.

    Padahal, meminta maaf pada atas kesalahan diri kita kepada orang lain bukanlah aib, justru menambah tali silaturahmi yang kuat.

    Meskipun yang kita mintai maaf belum memaafkan, itu bukan urusan kita. Tugas kita adalah meminta maaf dengan cara yang terbaik. Saya pun yakin, jika kita meminta maaf dengan tulus dan yang terbaik, itu akan dimaafkan.

    Dan soal memafkan. Kau tahu? Di surga sana ada sebuah istana yang indah. Ketika ditanya untuk siapakah istana itu? Tuhan menjawab bahwa istana itu untuk mereka yang memafkan kesalahan saudaranya.

    Subhanallah.

    Betapa berat meminta maaf, betapa sulit memafkan kesalahan orang lain. Betapa rumit melupakan kesalahan kecil orang lain kepada kita.

    Tapi lihat keadilan Tuhan. Dia menyediakan balasan yang indah bagi yang suka meminta maaf, memberi maaf dan yang menyambung silaturahmi.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Meminta Maaf dan Memafkan Kesalahan Orang Lain Rating: 5 Reviewed By: Wildan Fuady
    Scroll to Top