Ads

  • Pos Terbaru

    Ini Manfaat Jadi Penulis yang Wajib Kamu Ketahui

    Menjadi seorang penulis itu menyenangkan. Ada banyak yang bisa kita dapatkan ketika memutuskan menjadi seorang penulis. Baik yang kita tekuni atau sambilan.
    Menulis tidak akan menggangu kegiatan utama, sebab masih bisa dijadikan hobby yang kapan saja bisa kita lakukan. Memang ada yang memakai waktu khusus saat menulis, ada juga yang tidak. Keduanya sama saja. Sama-sama bisa memberi manfaat melalui tulisannya.
    Nah, biar kita semakin pede, yuk kita bahas 5 manfaat menjadi seorang penulis :
    1. Ilmunya bermanfaat.
    Pramoedya pernah berkata bahwa, “Sepintar-pintarnya seseorang, jika dia tidak menulis, maka ilmunya akan tenggelam bersama kehidupannya”. Sementara Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam pernah bersabda bahwa 3 amalan yang tidak akan terputus ketika seorang manusia mati, salah satunya adalah ilmu yang bermanfaat. Nah, Imam As Suyuthi menafsirkan ilmu yang bermanfaat dalam kitab adab at ta’lif adalah menulis. Jadi bisa disimpulkan bahwa dengan menulis, kita bisa memberikan sumbangsih kebaikan berupa ilmu yang bermanfaat. Jangan asal menulis ya, menulislah yang bermanfaat dalam kebaikan. So, jika menyampaikan suatu ilmu bisa dengan menulis, yuk kita menulis.
    2. Mewarisi Pahala Tak Terputus
    Tentunya kita semua pasti mati. Ada orang yang begitu dia mati, tidak bisa membawa banyak perubahan apa-apa bagi orang yang ditinggalkannya. Namun ada juga seseorang yang meskipun sudah meninggal, namanya masih harum dikenal.
    Contohnya, Buya Hamka, siapa sih yang nggak kenal beliau, nah beliau dikenal terus karena karyanya lho. Jadi, jangan ragu deh buat menulis. Jika kelak kita mati, minimal kita sudah menyumbangkan satu buku atau ilmu buat generasi mendatang ya.
    3. Pekerjaan yang menyenangkan
    Menulis adalah pekerjaan yang menyenangkan. Sebab menulis bisa dilakukan sambilan, atau  secara fokus. Contoh, Bang Tere Liye, tetap menulis walaupun ngantor. Kalau Mas Brilli, menulis sudah menjadi kefokusan. Jadi, menulis bisa difokuskan atau sambilan. Enak kan?
    4. Semakin Pintar Dengan Menjadi Penulis
    Yayayaya, saya berani mengatakan kalau penulis itu pintar. Kenapa? Sebab pastinya dia akan lebih banyak membaca donk. Membaca menjadi agenda wajib bagi seorang penulis. Nah, sudah pasti tuh, penulis mah rajin baca.
    Sekalipun dia jarang baca, minimal dia peka terhadap hal hal kecil di kehidupannya.
    5. Menginspirasi Orang Lain
    Yups, dengan menulis kita bisa lebih banyak menebarkan inspirasi, manfaat sekalipun kepada orang yang belum pernah kita kenal. Dengan menulis, kita bisa menyapa orang lain tanpa harus bertemu.
    Dan masih banyak lagi manfaat menjadi penulis yang tidak saya jelaskan. Eniwey, tetaplah menulis dalam hidupmu.
    Alhamdulilah, sampai saat ini dua buku sudah saya hasilkan dan terbit. Kedua buku saya bisa pembaca temukan di gramedia terdekat ya ^^

    Salam,

    Wildan Fuady
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    4 komentar:

    Item Reviewed: Ini Manfaat Jadi Penulis yang Wajib Kamu Ketahui Rating: 5 Reviewed By: Wildan Fuady
    Scroll to Top