Pelatihan Menulis Online

Cerpen

Tulisan

Recent Posts

DAPAT BEASISWA MODAL N(T)EKAD

07.22.00 Add Comment
Sejak saya duduk di bangku SMK pernah terbesit keinginan untuk kuliah. Saat itu saya membayangkan betapa luar biasanya bisa menempuh pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Bahkan bisa mendapatkan predikat “MAHA” siswa. Menggambarkan betapa besarnya seorang siswa disandingkan dengan kata MAHA.

Pada kenyataannya, keinginan kuliah hampir tidak mungkin saya dapatkan. Pertama, kondisi keluarga saya tidak memungkinkan untuk membiayai kuliah. Kedua, kedua kakak saya lebih menyetujui saya berkerja atau bekerja sambil kuliah saja.

Pada masa itu, pandangan saya apabila bekerja sambil kuliah bisa kurang fokus. Tenaga kuliah adalah “sisa” dari bekerja. Al hasil kemampuan menyerap ilmu jadi berkurang; setidaknya itu pemikiran saya pada saat itu.

Setelah saya lulus SMK, saya terpaksa bekerja dan memendam keinginan kuliah. Saya pikir keluarga ada benarnya. Lagi pula biaya kuliah sangat mahal. Mana mungkin saya sanggup membayar biaya kuliah pada saat itu.

Namun ternyata Tuhan mendengar harapan dan doa saya selama ini. Entah rezeki dari mana yang saya tak pikirkan, Tuhan menghadirkan seseorang yang memberikan informasi Beasiswa Unggulan (BU) kuliah sampai S1 dari Kemendikbud. Tanpa pikir panjang saya menyetujui tawarannya dan siap untuk mencobanya.

Bermodal pas-pasan, saya nekat pergi ke Bandung hanya untuk mengikuti tes beasiswa. Awalnya saya kurang yakin dengan kemampuan saat ini. Masih “hangat” masa pengumuman kelulusan yang belum lama benar mengumumkan bahwa NEM saya tiga terendah seangkatan. Tapi dengan bismillah, saya mencoba. Apapun hasilnya, biar Tuhan yang jadi pengadilnya.

Saya berdoa, berharap dan meminta belas kasih kepada Tuhan agar mengabulkan cita-cita saya. Lambat laun pada saat mengikuti tes beasiswa BU, saya berkeyakinan bahwa Tuhan akan memberikan jalan yang terbaik. Tuhan pasti punya rencana yang jauh lebih baik daripada yang saya perkirakan. Akhirnya, saya serahkan semua urusan ini kepada-Nya.

Setelah mengikuti tes, saya melupakan hasil keputusan BU dan fokus untuk bekerja lagi semata-meta memenuhi permintaan ibu. Dan masya Allah, tepat sebulan tes itu berlangsung saya dihubungi pihak kampus:

“Halo, selamat pagi! Dengan saudara Wildan Fuady?”

“Ya,” kata saya setengah heran telfon dari siapa.

“Saya dari pihak kampus ***, memberitahukan bahwa kamu diterima beasiswa BU di kampus ini. Selamat ya.”

Dunia serasa terhenti. Cita-cita, harapan dan doa yang selama ini saya ucapkan dan niatkan kini berada di depan mata. Haruskah saya menangis? Sekuat tenaga saya menahannya, tapi kemudian tak kuasa menahannya dan tumpah dalam pangkuan seseorang wanita yang paling mulia di dunia yang kusebut “IBU”.

***

Bogor, 14 November 2018

Lebih Mendekat kepada Tuhan

10.34.00 Add Comment
Review Buku Nikmat Terdahsyat

“Kapan kalian syahadat?”

Barangkali pertanyaan ini yang pertama kali mengguncang pikiran saya sekaligus tergerak untuk mereview buku ini. Pertanyaan itu muncul pada saat pertama kali halaman buku ini saya baca. Tepatnya pada kata pengantar. Saya jamin, Anda pun akan kesulitan menjawab pertanyaannya.

Beruntung saya bisa dengan cepat mendapatkan jawabannya setelah membaca bab pertama, yaitu “The Way to Believe”.  Pada bab ini menjelaskan panjang lebar makna Islam, Iman dan Ikhsan; membuat saya berhasil mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang tadi. Kemungkinan Anda pun harus membaca bab pertama ini agar mendapatkan jawaban yang luar biasa seperti yang saya dapatkan.

Pembahasan bab ke dua dan tiga tidak kalah menarik; semakin membuat saya berkaca bahwa diri ini sangat tidak sempurna. Agar bisa sempurna, maka dimulai dari berhijrah; lalu menata hati dan intropeksi diri. Betapa saya dibuat malu setelah membaca bab ini. Betapa banyak dosa yang sudah saya lakukan. Betapa naif diri ini menjauh dari Tuhan.

Saya harus ber ‘Terima Kasih’ atas hadirnya buku ini. Terima kasih pula kepada penulis yang sudah repot-repot mengirimkan buku ini kepada saya. Dan ‘Terima Kasih’ ini merupakan oase pada bab lima yang membuat saya semakin sadar bahwa Tuhan benar-benar Maha Pengasih dan Penyayang.

Tuhan sudah memberikan segalanya, namun balasan sebagai hamba belum sempurna. Setiap detik Tuhan memberikan karunia-Nya, namun terkadang kita balas dengan dosa-dosa. Setiap menit Tuhan menyayangi hamba-Nya, namun kita balas dengan acuh tak terkira.

Bertambah sadar dan intropeksi diri; itulah reaksi pertama setelah membaca buku ini. Jika perlu tidak hanya sekedar sadar, tapi berupaya untuk mengeja cahaya surga sebelum terlambat. Sebelum nafas terhenti, mata tertutup, kehabisan waktu dan bumi lenyap; mengeja cahaya surga menjadi bab yang fantastis untuk dibaca dan direnungkan.

Terakhir dari bab ini semakin membuat saya berpikir untuk lebih mendekat kepada Tuhan. Mengutip salah satu kalimat dalam buku ini, “waktu yang kita miliki, itulah hidup kita (hal: 137)”; semakin menegaskan bahwa tidak ada waktu yang terlambat untuk kembali mendekat kepada Tuhan.  Bahkan untuk istirahatpun rasanya sia-sia jika tidak dimanfaatkan dengan baik agar semakin dekat dengan Tuhan.

Anda boleh renungkan kalimat ini, “istirahat adalah berpindahnya pekerjaan ke pekerjaan yang lainnya. (hal: 138)”. Jadi, selama ada usia, ada kesempatan dan ada kemauan; di situlah akan terus hadir jalan mendekat kepada Tuhan.

Bacalah buku ini; boleh jadi Anda akan lebih segar di tengah dahaga, hangat di saat terik dan sejuk di tengah musim kemarau.

Depok, 13 November 2018

Catatan:
Anda mencari bab empat? Dari awal membaca kok bab empat nggak ada? Itu karena bab ini special buat Anda yang masih melajang. Tunggu apa lagi segera baca siapa tahu Anda mendapatkan jodoh.

PS:
Sepertinya sampai saat ini penulisnya masih belum punya pasangan. Iyakah? J

Pelatihan Menulis Online Batch #16

07.49.00 Add Comment
Program Pelatihan Menulis Online (PMO) Batch #16 dengan tema “ 30 Hari BISA Nulis Buku "  !!! Temukan langkah tepat dan praktis untuk menulis buku hanya dalam waktu sebulan bahkan kurang dari itu.


Jika kamu adalah salah satu orang yang sangat menginginkan,
-          Menulis buku dengan jaminan PASTI JADI?
-          Ingin mewujudkan mimpi menjadi seorang penulis?
-          Ingin mempunyai lingkungan yang bagus untuk menulis buku.
-          Ingin punya karya yang bisa mejeng di toko buku.
-      Ingin menghasilkan uang lewat menulis atau jadi writerpreneur.

Tepat sekali membaca halaman ini sampai selesai. InsyaAllah kami akan membantu kamu buat menyelesaikan naskahmu ... SEBULAN ... Jadi buku ...

Gimana tuh caranya? Emang bisa?

Yups, bener ... Ikut program kelas "Pelatihan Menulis Online" dengan tema 30 Hari Nulis Buku bersama Saung Literasi Indonesia (SLI) yuk selama SEBULAN.

Iya, selama sebulan kamu akan dibimbing menulis buku dari awal sampai akhir. Selama sebulan. 

Lalu akan ada tahap editing dan penyaluran naskah penerbit-penerbit yang sesuai dengan naskah kamu.

Kalaupun naskah kamu belum "berjodoh" dengan penerbit mayor, SLI siap membantu kamu menerbitkan buku dengan jalur indie dan dibimbing agar menjadi writerpreneur.

Sebelum memutuskan daftar, baca dulu "Testimoni Alumni PMO" di http://bit.ly/testimoni-pmo biar tambah yakin.

Selain itu ..... Setelah PMO #1 - #15  berlangsung, kami mencoba mengembangkan sistem dan memperbarui cara yang efektif buat membantu sahabat semua menyelesaikan buku dalam waktu SEBULAN atau kurang dari itu.

#Benefit
Kamu juga akan mendapatkan :
Ebook Trik Menyelesaikan Naskah dalam 30 Hari.
Reward setiap minggunya.
Reward untuk peserta terbaik.
Dibantu menjawab curhatan dan keluhan selama 12 jam senilai 100.000,-
Feedback tulisan harian selama sebulan.
Fasilitas pembinaan editing dan kelengkapan naskah.
Gratis masuk ke dalam grup alumni yang berkumpul teman-teman sevisi.
E- Sertifikat Peserta PMO.
Raport Hasil Belajar di PMO.
✔Video Tutorial belajar.

#Mentor
Program ini dibimbing langsung oleh Wildan Fuady
Psikolog Writerpreneur
Penulis 19 Buku
Penulis Buku Laris Jodohku Siapakah Dirimu dan Ya Allah Izinkan Kami Menikah
Penulis Buku Yuk Gaul (Gaya Ala Rasul) dan Hari-Hari Bersama Rasulullah
Hari-Hari Bersama Rasulullah
Aku Rindu Menikah
Founder Saung Literasi Indonesia
Pembicara Nasional
Guru / Pengajar di Beberapa Sekolah

#Banyak Pilihan
Kamu bisa menulis tema-tema yang kamu kuasai semisal:
- Motivasi
- Pengembangan Diri
- Bisnis
- Novel
- Tips Praktis / How To
- Kemuslimahan
- Kumpulan Cerita True Story
- Dan lain-lain.

KABAR BAIK ... Semua orang boleh ikut program ini. Selama ia terkoneksi internet dan mempunyai whatsapp. ..

KABAR BURUK ... Sudah ada yang mendaftar sebelum program ini launching. Buruan daftar ...

Buruan daftar ...

Caranya?

Whatsapp dengan format :

Daftar30HNB#16 - Nama Lengkap - Email - No WA

Kirim ke Whatsapp: 0877 2268 6655 (an. Wildan Fuady)

HTM : 329.000 + Kode Unik No Telfon

Misalnya nomor hape kamu: 0822 4090 6362,

Maka diambil tiga dgit terakhir no hapemu. Jadi total transfer Rp. 300.362,-

#Alur Pendaftaran dan Pelatihan :
******************************
Pendaftaran : 15 November sd  30 November 2018
******************************
Masa Pembinaan : 1 Desember - 10 Desember 2018

*****************************
Timeline Pembinaan
*****************************

Hari ke 1 (1 Desember 2018):
Menumbuhkan Semangat Menulis
Hari ke 2 (2 Desember 2018):
Menggali Ide, Riset, Menyiapkan Referensi, Idealisme dan Pangsa Pasar
Hari ke 3 (3 Desember 2018):
Membuat Outline Fiksi dan Menerapkannya.
Hari ke 4 (4 Desember 2018):
Membuat Outline Non Fiksi dan Menerapkannya.
Hari ke 5 (5 Desember 2018):
Free Writing dan Fast Writing.
Hari ke 6 (6 Desember 2018):
Menerka Penerbit yang Sevisi
Hari ke 7 (7 Desember 2018):
Jurus Jago Nulis Fiksi
Hari ke 8 (8 Desember 2018):
Jurus Jago Nulis Non Fiksi
Hari ke 9 (9 Desember 2018):
Trik Nulis 30 Hari
Hari ke 10 (10 Desember 2018):
Pembahasan Tugas

*****************************
Materi Tambahan
*****************************


Waktu Pelatihan: 11 Desember - 10 Januari 2018

Waktu Editing: 10 Januari - 10 February 2018

Bulan Februari naskah siap diajukan ke penerbit mayor.

Alhamdulillah alumni sebelumnya sudah ada yang naskahnya diterima di penerbit MAYOR. Silahkan cek di http://bit.ly/bukuterbit untuk melihat karya-karya alumni PMO.

Sekarang giliran kamu!!!

Daftar sekarang JUGA ..

Pendaftaran paling lambat sampai tanggal  30 November 2018 ...


Klik gambar "Daftar Sekarang" atau teks "Daftar Sekarang" untuk Mendaftar...


whatsapp://send?phone=6287722686655&text=DaftarPMO%2016%20-%20%5BNama%20Lengkap%20Anda%5D%20-%20%5BEmail%20Anda%5D%20-%20%5BNo%20Whatsapp%5D

Catatan:
Bila link tidak berfungsi, silahkan langsung mendaftar lewat whatsapp ke nomor 0877 2268 6655 an. Wildan Fuady


Jadilah penulis BETULAN bukan KEBETULAN ..

Di dukung oleh :


Saung Literasi Indonesia




Download Ebook Inpisrasi Multilevel Pahala

23.53.00 Add Comment
Download Ebook Inspirasi Multilevel Pahala PDF - Iseng-iseng saya menulis ebook ekslusif ini di tengah mirisnya banyak orang yang sulit sekali istiqomah mengeluarkan hartanya di jalan Allah SWT. Semoga bermanfaat. Silahkan download di sini via google.

Ramadhan Bulannya Perbanyak Doa

11.14.00 Add Comment
Jika adalah bulan yang pas untuk memperbanyak doa, ramadhan jawabannya. Di bulan ramadhan pintu surga terbuka dan pintu neraka tertutup. Bulan ramadhan juga menginspirasi siapa saja untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Misalnya dalam memperbanyak shalat, membaca al-Quran, sedekah, puasa, termasuk memperbanyak doa.

Kenapa memperbanyak doa di bulan Ramadhan? Pertama, Allah Swt mempunyai sifat Maha Mendengar. Kedua, karunia-Nya pun tidak akan habis sekalipun miliyaran hamba-Nya berdoa. Ketiga, di bulan ramadhan pintu rahmat terbuka. Dan keempat, Allah Swt pasti akan mengabulkan doa-doa kita selekasnya.

Momen-momen di bulan ramadhan menjadi waktu yang paling pas buat berdoa. Misalnya pas sebelum sahur, di waktu sahur, di antara adzan dan iqamah subuh, dhuha, dan menjelang berbuka puasa. Meskipun di waktu mana saja berdoa saat ramadhan itu juga baik.

Kapanpun dan apapun doanya selama kita dalam keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt, maka pasti Allah Swt akan mengabulkannya. Terlebih di bulan ramadhan yang penuh berkah ini.
Allah Swt berfirman dalam al-Quran, Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” QS. Al-Baqarah[2] : 186

Menurut riwayat Ibnu Jarir, ayat ini turun berkenaan dengan datangnya seorang Arab Badui kepada Nabi SAW yang bertanya: "Apakah Tuhan kita itu dekat, sehingga kami dapat munajat / memohon kepada-Nya, atau jauh, sehingga kami harus menyeru-Nya?" Nabi SAW terdiam, hingga turunlah ayat ini (QS. 2: 186) sebagai jawaban terhadap pertanyaan itu.

Ayat di atas sangat jelas kalau Allah Swt sangat dekat dengan hamba-Nya. Allah juga berjanji mengabulkan setiap doa yang kita minta asalkan kita dalam keimanan dan ketaqwaan. Di momen ramadhan, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan jadi lebih mudah dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Alhamdulillah saat ramadhan masjid jadi tambah ramai. Banyak terdengar tilawah al-Quran. Banyak kebaikan-kebaikan di mana-mana. Buka puasa bersama. Santunan anak yatim dan orang miskin. Zakat infaq dan shodaqoh. Dan amalan-amalan lainnya.

Saya termasuk orang yang tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ramadhan sebagai bulan untuk memperbanyak doa. Selagi banyak kesempatan, selagi iman dan taqwa sedang naik-naiknya menjadikan motivasi bagi saya untuk memperbanyak doa agar dikabulkan Allah Swt.

Janganlah kita merasa malu berdoa kepada Allah Swt dengan alasan apapun. Jangan pula merasa nggak pantas berdoa kepada Allah Swt hanya karena kita banyak dosa. Jangan beranggapan kita tidak layak berdoa kepada Allah Swt. Sebab kita tidak tahu kapan doa itu akan dikabulkan. Yang diseru hanyalah perbanyak berdoa dan tawakkal. Setelah itu, biar semuanya jadi urusan Allah Swt.

Terserah doanya apa. Mau yang umum ataupun spesifik nggak masalah. Toh para Nabi dan Rasul telah mencontohkannya.

Doa Secara Umum / General Nabi Musa as.

Pada saat Nabi Musa as dikejar kaum Fir’aun dan ia berlari ke negeri Madyan, ia singgah di suatu pohon. Ia melihat banyak orang yang sedang mengambil air minum di salah satu sumur. Mereka mengantri untuk mendapatkan air.

Nabi Musa as pun menginginkan air itu. Tetapi ia mendahulukan orang lain dan membiarkan dirinya kehausan. Dan ia juga menolong dua wanita yang sedang kesulitan mengambil air lalu kembali berteduh di bawah pohon.

Dalam kondisi yang haus dan lapar, Nabi Musa as tidak berdoa secara spesifik kepada Allah Swt meminta makanan dan minuman, tapi doanya sangat umum, mesra dan tidak mendikte Allah Swt.

Doanya diabadikan dalam al-Quran, Maka Musa memberi minum ternak itu untuk (menolong) keduanya, ke- mudian dia kembali ke tempat yang teduh lalu berdoa: "Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku." QS. Al-Qashash [28]: 24

Doa Spesifik Nabi Zakaria as

Berbeda dengan Nabi Musa as yang doanya general, Nabi Zakaria as meminta dengan doa yang spesifik kepada Allah Swt. Doanya terekam dalam al-Quran saat ia berdoa meminta diberikan keturunan oleh Allah Swt.

Berikut doanya, “Ia berkata ‘Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku. Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang isteriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera, yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Yaqub; dan jadikanlah ia, ya Tuhanku, seorang yang diridhai.’”

***

Nah, nggak ada salahnya kan kita berdoa baik yang umum maupun spesifik. Toh nggak masalah kita perbanyak doa dan meminta yang besar-besar, sebab Allah Swt lebih Maha Besar untuk mengabulkan doa-doa kita. Allah Swt selalu sanggup mengabulkan doa besar kita kok.

Jadi, sudahkah hari ini kita berdoa lagi dan lagi?

Ramadhan Bulan Cerdas Perkara Hutang Piutang

08.04.00 Add Comment
jurnalapps.com
Cerdas Perkara Hutang Piutang - Allah Swt telah menyampaikan ayat yang panjang tentang hutang-piutang di dalam al-Quran. Dalam mushaf ‘Utsmani, terdapat satu ayat yang membicarakan hutang piutang dalam satu halaman. Yaitu terdapat pada surat al-Baqarah [2] ayat 282. Ayat ini full di dalam satu halaman. Lebih panjang dari ayat-ayat yang lain.

Al-Quran membahas hutang-piutang begitu sangat istimewa. Bagaimana tidak? Masalah hutang piutang ini tidak hanya sampai di dunia, tapi sampai juga di akhirat. Seseorang yang berhutang diwajibkan membayar hutangnya sebelum ia wafat. Sebab apabila ia wafat dan hutangnya masih ada, maka ruhnya agar tergadai di antara langit dunia dan akhirat.

“Ruh seorang mukmin masih terkatung-katung (sesudah wafatnya) sampai hutangnya di dunia dilunasi.” – HR. Imam Ahmad

Ramadhan menjadi momen bagi kita untuk membersihkan hutang maupun menambah ilmu tentang memberikan hutang kepada orang lain. Ilmu meminjamkan hutang ternyata sangat penting. Sebab masih banyak orang yang asal meminjamkan tetapi pada akhirnya kecewa dengan orang yang berhutang. Alih-alih mendapat ganti dari yang dihutangi, malah timbul keburukan lainnya seperti bertengkar, dendam, marah dsb. Bukannya menambah pahala malah menjadi dosa.

“Berhati-hatilah kamu dalam berhutang. Sesungguhnya hutang itu mendatangkan kerisauan di malam hari dan kehinaan di siang hari.” – HR. Imam Al-Baihaqi

Baaiklah, kita masuk ke tips yang pertama dalam memberikan hutang:

1.      Memberikan Nasihat Terlebih Dahulu

Orang yang ingin meminjam uang (berhutang) kadang tidak memikirkan dampak buruk dari apa yang ia lakukan. Kemungkinan karena ia sangat membutuhkan uang. Jadi, akal sehatnya sudah tak mengindahkan betapa beresikonya berhutang.

Kita sebagai pihak yang menghutangi sebelumnya berilah nasehat tentang betapa enggak enaknya mempunyai hutang. Katakan padanya, “Punya hutang itu nggak enak. Beban setiap hari akan muncul menghantui diri setiap hari. Dan apabila hutang saudara masih ada sementara saudara telah wafat, maka ruh saudara akan tergadai di antara langit dunia dan akhirat.”

“Alangkah lebih baiknya saudara tidak perlu berhutang.”

“Tapi saya sedang membutuhkan uang, Pak. Tolonglah! Saya paham hal itu dan saya janji akan melunasinya.”

Jika kita merasa sudah menasehati dan si peminjam bersikeras untuk berhutang, maka kita boleh melanjutkan ke tips kedua.

2.      Meminta Jaminan

Sebaik-baiknya jaminan ada di sisi Allah Swt, tetapi, sebagaimana manusia yang tidak luput dari salah dan dosa, tidak mengapa kita lebih hati-hati dalam memberikan hutang. Salah satunya dengan mensyaratkan jaminan.

Penting, jaminan minimal harus setara dengan jumlah uang yang dipinjamkan atau lebih. Hal ini agar memotivasi si yang berhutang agar melunasi hutangnya sesuai tenggang waktu yang ditetapkan. Selain itu, adanya jaminan juga seperti memaksa si penghutang untuk melunasi karena jika tidak, maka jaminannya akan hilang.

Sebagai pemberi hutang, meski kita menakut-nakuti bahwa jaminannya akan hilang, sampaikan juga, “Saudara, jaminan ini akan saya jaga dan simpan sampai batas waktu yang telah kita tetapkan. Saya akan menjaganya dengan sungguh-sungguh. Akan tetapi, jika lewat dari tenggang waktu, saya tidak tahu jaminan ini akan saya apakan. Khawatirnya, jaminan yang saudara berikan rusak atau hilang. Jadi, alangkah lebih baiknya saudara melunasi sampai tenggang waktu yang ditentukan agar jaminan saudara aman dalam perlindungan Allas Swt dan rasul-Nya, serta saya yang menjadi perantaranya.”

Berikan pengertian seperti itu berkali-kali agar ada kesepakatan jaminan mau diapakan jika melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

Terkait jenis jaminannya boleh menggunakan contoh ini. Misalnya kita meminjamkan uang 1 juta, maka boleh meminta jaminan yang harganya setara dengan 1 juta atau lebih. Dan yang lebih penting lagi, ikuti rangkaian tips lainnya di bawah ini.

3.      Jangan Memakan Riba

Riba adalah kelebihan dari sesuatu yang telah ditetapkan. Misalnya kita meminjamkan uang sebesar 1 juta, maka janganlah berharap digantikan lebih dari 1 juta. Jika dilakukan, maka jatuhnya haram. Karena Allah sendiri mengharamkan riba dan menghalalkan jual beli.

“Orang-orang yang makan (mengambil) riba, tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.” – QS. Al-Baqarah [2] : 275

Nah, bahaya banget kan mengambil riba itu. So, jangan ambil sedikitpun kelebihan dari apa yang kita pinjamkan ya.

4.      Catat, Catat dan Catat

Pada pembukaan di atas, saya saya menyebutkan salah satu ayat yang panjang tentang piutang. Sebagian inti pesan yang terdapat di dalam ayat tersebut adalah tentang mencatat hutang piutang. Berikut isi ayatnya,

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu'amalah tidak secara tunai [hutang-piutang] untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah mengajarkannya, meka hendaklah ia menulis, dan hendaklah orang yang berhutang itu mengimlakkan (apa yang akan ditulis itu), dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya, dan janganlah ia mengurangi sedikitpun daripada hutangnya. Jika yang berhutang itu orang yang lemah akalnya atau lemah (keadaannya) atau dia sendiri tidak mampu mengimlakkan, maka hendaklah walinya mengimlakkan dengan jujur. Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi dari orang-orang lelaki (di antaramu). Jika tak ada dua oang lelaki, maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan dari saksi-saksi yang kamu ridhai, supaya jika seorang lupa maka yang seorang mengingatkannya. Janganlah saksi-saksi itu enggan (memberi keterangan) apabila mereka dipanggil; dan janganlah kamu jemu menulis hutang itu, baik kecil maupun besar sampai batas waktu membayarnya. Yang demikian itu, lebih adil di sisi Allah dan lebih menguatkan persaksian dan lebih dekat kepada tidak (menimbulkan) keraguanmu. (Tulislah mu'amalahmu itu), kecuali jika mu'amalah itu perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, maka tidak ada dosa bagi kamu, (jika) kamu tidak menulisnya. Dan persaksikanlah apabila kamu berjual beli; dan janganlah penulis dan saksi saling sulit menyulitkan. Jika kamu lakukan (yang demikian), maka sesungguhnya hal itu adalah suatu kefasikan pada dirimu. Dan bertakwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.– QS. Al-Baqarah[2] : 282

Di zaman yang sudah canggih ini bisa kita gunakan kuitansi. Berbeda dengan zaman kala itu kebanyakan orang tidak pandai menulis, maka tulislah catatan hutang-piutang itu dalam sebuah kuitansi.

Tak lupa agar lebih resmi lagi boleh kita gunakan matrai 6000 untuk menambah kekuatan data hasil catatan.

Bila si penghutang kesal dengan sikap kita, katakanlah bahwa itu sudah menjadi ajaran Allah Swt dan Rasul-Nya dalam mencatat hutang piutang. Dan sebagai tambahan valid, datangkanlah dua orang saksi laki-laki yang menyaksikan hutang tersebut agar kevalidannya bertambah.
***
Semoga dengan keempat tips di atas bisa membuat kita [pemberi hutang] menjadi lebih nyaman, rileks dan terhindar dari dosa-dosa yang nampak maupun yang tidak nampak. Karena masalah hutang-piutang ini sudah terjadi banyak sekali permasalahan. Jadi, alangkah baiknya jika tulisan ini menjadi pendamping kita dalam memberikan pinjaman.

Semoga Allah Swt menjaga kita dari dosa-dosa yang disebabkan oleh perkara hutang-piutang. Ramadhan, bulan cerdas hutang  piutang.
 Aamiin.

Pelatihan Menulis Online Batch #15

11.23.00 Add Comment
Program Pelatihan Menulis Online (PMO) Batch #15 dengan tema “ 30 Hari Nulis Buku "  !!! Temukan langkah tepat dan praktik untuk menulis buku hanya dalam waktu sebulan bahkan kurang dari itu.


Jika kamu adalah salah satu orang yang sangat menginginkan,
-          Menulis buku dengan jaminan PASTI TERBIT?
-          Ingin mewujudkan mimpi menjadi seorang penulis?
-          Ingin mempunyai lingkungan yang bagus untuk menulis buku.
-          Ingin punya karya yang bisa mejeng di toko buku.

Tepat sekali membaca halaman ini sampai selesai. InsyaAllah kami akan membantu kamu buat menyelesaikan naskahmu ... SEBULAN ... Jadi buku ...

Gimana tuh caranya? Emang bisa?

Yups, bener ... Ikut program kelas "Pelatihan Menulis Online" dengan tema 30 Hari Nulis Buku bersama Saung Literasi Indonesia (SLI) yuk selama SEBULAN.

Iya, selama sebulan kamu akan dibimbing menulis buku dari awal sampai akhir. Selama sebulan. 

Lalu akan ada tahap editing dan penyaluran naskah penerbit-penerbit yang sesuai dengan naskah kamu.

Kalaupun naskah kamu belum "berjodoh" dengan penerbit mayor, SLI siap membantu kamu menerbitkan buku dengan jalur indie dan dibimbing agar menjadi writerpreneur.

Sebelum memutuskan daftar, baca dulu "Testimoni Alumni PMO" di http://bit.ly/testimoni-pmo biar tambah yakin.

Selain itu ..... Setelah PMO #1 - #14  berlangsung, kami mencoba mengembangkan sistem dan memperbarui cara yang efektif buat membantu sahabat semua menyelesaikan buku dalam waktu SEBULAN atau kurang dari itu.

#Benefit
Kamu juga akan mendapatkan :
Ebook Trik Menyelesaikan Naskah dalam 30 Hari.
Reward setiap minggunya.
Reward untuk peserta terbaik.
Dibantu menjawab curhatan dan keluhan selama 12 jam senilai 100.000,-
Feedback tulisan harian selama sebulan.
Fasilitas pembinaan editing dan kelengkapan naskah.
Gratis masuk ke dalam grup alumni yang berkumpul teman-teman sevisi.
E- Sertifikat Peserta PMO.
Raport Hasil Belajar di PMO.

#Mentor
Program ini dibimbing langsung oleh Wildan Fuady
Psikolog Writerpreneur
Penulis 18 Buku
Penulis Buku Laris Jodohku Siapakah Dirimu dan Ya Allah Izinkan Kami Menikah
Penulis Buku Yuk Gaul (Gaya Ala Rasul) dan Hari-Hari Bersama Rasulullah
Hari-Hari Bersama Rasulullah
Aku Rindu Menikah
Founder Saung Literasi Indonesia
Pembicara Nasional
Guru / Pengajar di Beberapa Sekolah

#Banyak Pilihan
Kamu bisa menulis tema-tema yang kamu kuasai semisal:
- Motivasi
- Pengembangan Diri
- Bisnis
- Novel
- Tips Praktis / How To
- Kemuslimahan
- Kumpulan Cerita True Story
- Dan lain-lain.

KABAR BAIK ... Semua orang boleh ikut program ini. Selama ia terkoneksi internet dan mempunyai whatsapp. ..

KABAR BURUK ... Sudah ada yang mendaftar sebelum program ini launching. Buruan daftar ...

Buruan daftar ...

Caranya?

Whatsapp dengan format :

Daftar30HNB#15 - Nama Lengkap - Email - No WA

Kirim ke Whatsapp: 0858 3910 2147 (an. Wildan Fuady)

HTM : 300.000 + Kode Unik No Telfon

Misalnya nomor hape kamu: 0822 4090 6362,

Maka diambil tiga dgit terakhir no hapemu. Jadi total transfer Rp. 300.362,-

#Alur Pendaftaran dan Pelatihan :
******************************
Pendaftaran : 11 Juni sd  10 Juli 2018
******************************
Masa Pembinaan : 11 Juli - 20 Juli 2018

*****************************
Timeline Pembinaan
*****************************

Hari ke 1 (21 Juli 2018):
Menumbuhkan Semangat Menulis
Hari ke 2 (22 Juli 2018):
Menggali Ide, Riset, Menyiapkan Referensi, Idealisme dan Pangsa Pasar
Hari ke 3 (23 Juli 2018):
Membuat Outline Fiksi dan Menerapkannya.
Hari ke 4 (24 Juli 2018):
Membuat Outline Non Fiksi dan Menerapkannya.
Hari ke 5 (25 Juli 2018):
Free Writing dan Fast Writing.
Hari ke 6 (26 Juli 2018):
Menerka Penerbit yang Sevisi
Hari ke 7 (27 Juli 2018):
Jurus Jago Nulis Fiksi
Hari ke 8 (28 Juli 2018):
Jurus Jago Nulis Non Fiksi
Hari ke 9 (29 Juli 2018):
Trik Nulis 30 Hari
Hari ke 10 (30 Juli 2018):
Pembahasan Tugas

*****************************
Materi Tambahan
*****************************


Waktu Pelatihan: 21 Juli - 21 Agustus 2018

Waktu Editing: 21 Agustus  - 20 September 2018

Bulan September naskah siap diajukan ke penerbit mayor.

Alhamdulillah alumni sebelumnya sudah ada yang naskahnya diterima di penerbit MAYOR. Silahkan cek di http://bit.ly/bukuterbit untuk melihat karya-karya alumni PMO.

Sekarang giliran kamu!!!

Daftar sekarang JUGA ..

Pendaftaran paling lambat sampai tanggal  10 Juli 2018 ...


Klik gambar "Daftar Sekarang" untuk Mendaftar...


whatsapp://send?phone=6285839102147&text=DaftarPMO%2015%20-%20%5BNama%20Lengkap%20Anda%5D%20-%20%5BEmail%20Anda%5D%20-%20%5BNo%20Whatsapp%5D

Jadilah penulis BETULAN bukan KEBETULAN ..

Di dukung oleh :


Saung Literasi Indonesia



Workshop Menulis Asma Nadia

10.34.00 Add Comment
Workshop Menulis Asma Nadia – Saya pernah mengikuti workshop menulis Asma Nadia dan membaca buku-buku Asma Nadia. Banyak ilmu yang saya dapatkan dan harus mengocek kantong yang cukup lumayan. Wajar kalau harganya lumayan, toh, ilmunya juga mantap.

Banyak sekali program yang beliau buat dan miliki, namun, jika kamu ingin mengikuti workshopnya harus kuat-kuat kocek uang lebih dalam. Nah, kebetulan saya sudah berusaha merangkum intisari workshop menulis Asma Nadia dalam sebuah program yang TERJANGKAU, PRAKTIS dan MUDAH.

Temukan workshop menulis online dengan cara yang paling mudah dan praktis untuk menumbuhkan semangat menulis yang kamu miliki bahkan sampai JADI selama SEBULAN atau kurang dari itu.
Menghadirkan…

Program Pelatihan Menulis Online (PMO) Batch #15 dengan tema “ 30 Hari Nulis Buku "


Jika kamu adalah salah satu orang yang sangat menginginkan,
-          Menulis buku dengan jaminan PASTI TERBIT?
-          Ingin mewujudkan mimpi menjadi seorang penulis?
-          Ingin mempunyai lingkungan yang bagus untuk menulis buku.
-          Ingin punya karya yang bisa mejeng di toko buku.

Tepat sekali membaca halaman ini sampai selesai. InsyaAllah kami akan membantu kamu buat menyelesaikan naskahmu ... SEBULAN ... Jadi buku ...

Gimana tuh caranya? Emang bisa?

Yups, bener ... Ikut program kelas "Pelatihan Menulis Online" dengan tema 30 Hari Nulis Buku bersama Saung Literasi Indonesia (SLI) yuk selama SEBULAN.

Iya, selama sebulan kamu akan dibimbing menulis buku dari awal sampai akhir. Selama sebulan. 

Lalu akan ada tahap editing dan penyaluran naskah penerbit-penerbit yang sesuai dengan naskah kamu.

Kalaupun naskah kamu belum "berjodoh" dengan penerbit mayor, SLI siap membantu kamu menerbitkan buku dengan jalur indie dan dibimbing agar menjadi writerpreneur.

Sebelum memutuskan daftar, baca dulu "Testimoni Alumni PMO" di http://bit.ly/testimoni-pmo biar tambah yakin.

Selain itu ..... Setelah PMO #1 - #14  berlangsung, kami mencoba mengembangkan sistem dan memperbarui cara yang efektif buat membantu sahabat semua menyelesaikan buku dalam waktu SEBULAN atau kurang dari itu.

#Benefit
Kamu juga akan mendapatkan :
Ebook Trik Menyelesaikan Naskah dalam 30 Hari.
Reward setiap minggunya.
Reward untuk peserta terbaik.
Dibantu menjawab curhatan dan keluhan selama 12 jam senilai 100.000,-
Feedback tulisan harian selama sebulan.
Fasilitas pembinaan editing dan kelengkapan naskah.
Gratis masuk ke dalam grup alumni yang berkumpul teman-teman sevisi.
E- Sertifikat Peserta PMO.
Raport Hasil Belajar di PMO.

#Mentor
Program ini dibimbing langsung oleh Wildan Fuady
Psikolog Writerpreneur
Penulis 18 Buku
Penulis Buku Laris Jodohku Siapakah Dirimu dan Ya Allah Izinkan Kami Menikah
Penulis Buku Yuk Gaul (Gaya Ala Rasul) dan Hari-Hari Bersama Rasulullah
Hari-Hari Bersama Rasulullah
Aku Rindu Menikah
Founder Saung Literasi Indonesia
Pembicara Nasional
Guru / Pengajar di Beberapa Sekolah

#Banyak Pilihan
Kamu bisa menulis tema-tema yang kamu kuasai semisal:
- Motivasi
- Pengembangan Diri
- Bisnis
- Novel
- Tips Praktis / How To
- Kemuslimahan
- Kumpulan Cerita True Story
- Dan lain-lain.

KABAR BAIK ... Semua orang boleh ikut program ini. Selama ia terkoneksi internet dan mempunyai whatsapp. ..

KABAR BURUK ... Sudah ada yang mendaftar sebelum program ini launching. Buruan daftar ...

Buruan daftar ...

Caranya?

Whatsapp dengan format :

Daftar30HNB#14 - Nama Lengkap - Email - No WA

Kirim ke Whatsapp: 0858 3910 2147 (an. Wildan Fuady)

HTM : 300.000 + Kode Unik No Telfon

Misalnya nomor hape kamu: 0822 4090 6362,

Maka diambil tiga dgit terakhir no hapemu. Jadi total transfer Rp. 300.362,-

#Alur Pendaftaran dan Pelatihan :
******************************
Pendaftaran : 11 Juni sd  10 Juli 2018
******************************
Masa Pembinaan : 11 Juli - 20 Juli 2018

*****************************
Timeline Pembinaan
*****************************

Hari ke 1 (21 Juli 2018):
Menumbuhkan Semangat Menulis
Hari ke 2 (22 Juli 2018):
Menggali Ide, Riset, Menyiapkan Referensi, Idealisme dan Pangsa Pasar
Hari ke 3 (23 Juli 2018):
Membuat Outline Fiksi dan Menerapkannya.
Hari ke 4 (24 Juli 2018):
Membuat Outline Non Fiksi dan Menerapkannya.
Hari ke 5 (25 Juli 2018):
Free Writing dan Fast Writing.
Hari ke 6 (26 Juli 2018):
Menerka Penerbit yang Sevisi
Hari ke 7 (27 Juli 2018):
Jurus Jago Nulis Fiksi
Hari ke 8 (28 Juli 2018):
Jurus Jago Nulis Non Fiksi
Hari ke 9 (29 Juli 2018):
Trik Nulis 30 Hari
Hari ke 10 (30 Juli 2018):
Pembahasan Tugas

*****************************
Materi Tambahan
*****************************


Waktu Pelatihan: 21 Juli - 21 Agustus 2018

Waktu Editing: 21 Agustus  - 20 September 2018

Bulan September naskah siap diajukan ke penerbit mayor.

Alhamdulillah alumni sebelumnya sudah ada yang naskahnya diterima di penerbit MAYOR. Silahkan cek di http://bit.ly/bukuterbit untuk melihat karya-karya alumni PMO.

Sekarang giliran kamu!!!

Daftar sekarang JUGA ..

Pendaftaran paling lambat sampai tanggal  10 Juli 2018 ...


Klik gambar "Daftar Sekarang" untuk Mendaftar...


whatsapp://send?phone=6285839102147&text=DaftarPMO%2015%20-%20%5BNama%20Lengkap%20Anda%5D%20-%20%5BEmail%20Anda%5D%20-%20%5BNo%20Whatsapp%5D

Jadilah penulis BETULAN bukan KEBETULAN ..

Di dukung oleh :


Saung Literasi Indonesia